Sunday, April 12, 2009

Bentol + Demam + Ingus Ijo

Ckckck, komplit bener sakitnya Senja hari ini.

Semula berawal dari hari Rabu sore. Sepanjang Rabu, Senja lagi makan dengan menu udang. Pagi, nasi+udang. Siang, nasi + kangkung udang. Sore, menunya tadinya mau sama. Tapi si Ibu melihat Senja bentol-bentol merah. Mula-mula dikira bentol karena nyamuk, tapi makin lama makin lebar. Ya sudah, konsumsi udang dihentikan. Oke, aman.

Kamis, Senja ikutan Pemilu, nyontreng di hall bulutangkis Orbid. Aman juga. Ditinggal seharian sama nyokap dan bokap di rumah. Susah makan, begitu kata mereka. Rada anget pula. Dwoooh, ada apa gerangan? Pas gw udah pulang, mendingan, udah mau makan roti yang gw bawain, trus gw mandiin aja soalnya dia peliket.

Jumat dini hari jam 3, Senja bangun karena badanny panas. Bukan panas doang, tapi poanoas. Ampun deh bikin keder aja. Mana gak punya air panas pula *dasar gak belajar dari pengalaman huh* Bikin air panas kilat, kompres, eh dia gak mau. Ya udah deh, biar Senja gak rewel, dikasih obat. Oke, abis itu dia mau tidur nemplok di atas badan gw.

Sepanjang Jumat, Senja juga ditinggal seharian sama bokap-nyokap. Gak ada laporan apa-apa, kayaknya aman. Mudah-mudahan aman. Pas pulang, eh katanya ada bentol-bentol merah dikit. Udah dikasih bedak. Okeh, mudah-mudahan aman. Ini idung Senja juga udah mulai sering meler dan mulai menunjukkan gelagat ingus ijo. Brrr kenapa lagi ini anak?

Sabtu, seharian gw-Senja, bokap dan nyokap ke Bintaro; sementara Hil ke kantor. Pas main-main di Bintaro sih aman. Ingusan, iya, dan tetep ijo. Gw sering berharap Senja bersin, biar ingusnya ikutan keluar. Jadi gak perlu usap-usap idungnya Senja terus gitu. Sayangnya Senja belum bisa buang ingus sendiri. Dia sebenernya udah mau sih, suka taro-taro tisu di idung, tapi gak mau didenguskan keluar gitu ingusnya.

Nah begitu sampai di rumah, sekitar jam 9 malam, mulai keliatan ada merah-merah di muka Senja. Dekat mulut, kayak anak bayi kena ASI, kan suka ada merah-merahnya tuh. Gw kasih bedak doang. Abis itu di pipi sebelah kanan nongol. Gw kasi liat nyokap, tapi ya mau diapain, lah wong udah tidur. Kalo belum tidur sih bisa dikasih CTM.

Jelang tengah malem, Senja nangis kebangun. Dikasih minum, gak mau. Tapi mau ditenangin, tidur nemplok di gw. Pas diliat dengan saksama, lah itu kok bibirnya jeding gitu. Eh, jeding apaan ya.. hmmm.. kayak digigit serangga gitu, jadi bengkak. Sebelah doang gitu. Duh gak keren lagi deh bibirnya huhuhuhu.

Nah bangun pagi di hari Minggu, bentol tambah banyak. Pagi-pagi, ada di muka. Pas gw ajak jalan-jalan pakai stroller, bentol berpidah ke arah kaki, tepat di batas kalo pakai kaos kaki, padahal ini lagi gak pake kaos kaki. Sampai rumah, bentol moakin banyaaakk... Tadinya bentol-bentol kecil kayak digigit nyamuk, lebih banyak di kaki. Gw kasih bedak. Trus tambah banyak, dan bentol-bentolnya makin luas dan tebal padat gitu. Adudududuh, ini mah kayak bentol alergi banget. Tapi alergi apaan??

Sepanjang Sabtu-Minggu rasanya makanan Senja gak aneh-aneh. Sejak udang jadi tersangka alergi dan dihentikan, eh ini kok lanjut terus ya. Hil menduga karena cuaca, soalnya cuaca beneran lagi enggak banget. Kering banget aja gitu. 'Cuacanya mati,' kalo kata Hil. Pas gw tanya sama nyokap, ternyata itu mungkin aja. Di Puskesmas dia lagi banyak pasien dengan gejala serupa.

Huhuhu, trus kalo karena cuaca kan gak bisa diapa-apain dooonggg.. Masa mau pindah ke luar negeri? Kekekeke, kayak punya duit dan kepengen aja, hihihihi.

Sekarang Senja lagi bobo. Tadi udah dikasih CTM buat gatel-gatel dan Panadol untuk meredakan demamnya. Sebelum tidur tadi, Senja rewel banget, dan sibuk garuk-garuk kaki. Gw tawarin nyusuin, sampe tiga ronde gak kelar-kelar nyusunya. Sembari nyusu, idungnya masih srat srot srat srot pertanda banyak ingus. Tapi kan ya gak bisa dihilangkan itu ingusnya kalo dia lagi nyusu. Huhuhu.

Cepet sembuh ya Senja.

No comments: