Wednesday, October 3, 2007

Pindah Dokter (Lagi??)

Hehehe, iya nih, gw pindah dokter lagi. Ternyata gw tidak mudah terpuaskan dengan dokter-dokter gw sebelumnya. Setelah dr Tigor dan dr Ismail dari RS Yadika gw rasa kurang mantep nendang dan pwol, sekarang gw beralih ke RS lain.

Pertimbangannya panjang dan berliku, cie. Yang jelas, dengan banyak informasi yang gw baca dan dengar, gw semakin tertantang untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) alias Early Lacth On (ELO), plus ASI eksklusif tentu saja. Setelah ngobrol panjang lebar dengan Hil, rasanya lebih baik cari RS yang memang sudah punya kebijakan khusus soal ini. Soalnya gak kebayang, pas hari H melahirkan kelak di mana gw dan Hil pasti sibuk dan gak bisa mikir baek-baek, trus kami masih harus maksa-maksa dokter dan suster untuk melakukan IMD. Nah daripada ribet, mendingan pilih yang pasti-pasti aja. Biar hati tenang, dan keinginan IMD bisa tetap terlaksana.

Suatu ketika kan ada dr Utami Roesli tuh ke kantor, yang konselor laktasi itu lho. Nah, dari dia, keluarlah sederetan nama rumah sakit yang 'ramah bayi' dan sudah siap menjalakan IMD. Dari rumah sakit yang dia sebut, yang within reach ya rumah sakitnya dia, RS Carolus. Secara dia juga Kepala Program buat meng-endorse ASI di rumah sakit itu gitu lhow.

Dari situ gw dan Hil mulai pikir-pikir untuk melahirkan di sana. Secara paham kami semula adalah geografis, mencari RS terdekat demi kepentingan nusa bangsa, kan memilih Carolus ibarat menelan ludah sendiri. Halah, serius amat, kekekekek.. Tapi karena lantas ada kebutuhan dan keinginan untuk IMD dan merasa tenang pada saat yang bersamaan, maka jatuhlah pilihan ke Carolus.

Secara lokasi, dia lebih deket ke kantor gw, ketimbang ke rumah. Kalo ngitung waktu, kira-kira 45 menitan lah nyampe ke RS Carolus. Itu juga zonder macet dan segala macemnya ya. Agak serem kalo ngebayangin gw ngeden-ngeden kesakitan trus kondisi jalanan macet. Huhuhu mudah-mudahan gak begitu. Kalo boleh milih, mendingan malem-malem aja deh ngelahirinnya, biar pas gak macet. Lho, emang bisa milih gitu, hihihihi...

Setelah mencoba memantapkan diri pilih RS Carolus, gw mulai ngeliat jadwal dokter. Dari sekian dokter yang ada, yang jamnya cocok ya cuma satu dokter. Namanya dr JM Seno Adjie. Mbuh itu JM-nya apa. Jendral Manager kali yak, kekekekeke.

Kamis pekan lalu, gw dan Hil jajal ke sana. Gw sih berasa nyaman aja dengan kondisi fisik RS Carolus yang sekarang, karena masih gedung baru, warnanya terang dan gak nyeremin. Gak berasa sakit gitu. Ruang tunggu dokternya emang kecil, tapi ya oke-oke aja.

Yang menarik adalah melihat interaksi antar pasien si dokter ini. Mungkin gak cuma pasiennya si dr Seno Adjie ini aja yah, tapi yang gw liat kan ya baru di sini ini. Pas gw nyampe, udah ada 2 bumil lagi ngobrol. Dua-duanya dianter suami. Keliatannya akrab, saling bertanya soal kehamilan masing-masing. Gw gak tau juga deh apakah mereka emang sebelumnya udah kenal atau enggak. Tapi saling menyapa-nya itu lho, lucu sekali. Bahkan ketika pasien yang barusan keluar dari ruang prakteknya dr Seno Adjie mau cabut, pake pamitan dulu sama yang lain. "Duluan yaaa..." hihihihi ikrib benerrrrr...

Oke, tapi kan kita gak boleh menentukan dokter berdasarkan interaksi antar pasien yak, hohoho.

Hai dr Seno Adjie. Impresi pertama sih fine aja. Dia pake jas dokter yang putih itu, ada tulisan namanya. Hil rupanya lebih jeli, dia liat ada tulisan RSCM dan FK-UI di situ. Ooo anak sono toh. Pas gw baru masuk, memperkenalkan diri, trus dia nanya,"Hmmm... Ibu hamil?" Laaahh, emang kagak keliatan yak? Huhuhuhu. Atau gw tampak terlalu muda untuk hamil? *ngarep*

Dia sempet tanya,"Baru sekali ya periksa di sini?" Gw bilang iya, karena sebelumnya dari tempat lain. Dan gw bilang kalo gw memang mencari rumah sakit yang punya kebijakan ASI. Lalu dia nyamber,"Ooo inisiasi dini ya?" Wah, menarik. Kayaknya kita ada di frekwensi yang sama.

Bla bla blu blu, kita ngobrol lah soal kehamilan gw. Gw seneng karena dia tekun ngedengerin informasi dari gw, bahwa gw thalasemia dan hepatitis B carrier. Beda dengan dokter sebelumnya yang sepertinya tidak menanggapi informasi tersebut sebagai sesuatu yang perlu dicermati. Dia rajin nyatet dari lembar pemeriksaan lab yang gw sodorin ke dia. Seneng lah gw ditanggapi serius seperti itu.

Trus rupanya di Carolus itu gak melulu di-USG. Mayan juga, hemat, hihihihi... Daannn untuk pertama kalinya gw mendengarkan detak jantung si doi dalam perut gw. Wihihihihi, lucu banget. Dia kayak lagi baris berbaris gitu di dalam sana. Kata si dokter, detak jantung bayi emang dua kali lipat detak jantung ibunya. Waduh, kok situ lebih degdegan dibandingin eke... kekekekek...

Setelah selesai diperiksa, gw tanya-tanya soal immunoglobulin yang katanya mesti dikasih ke bayi segera setelah lahir, demi mencegah dia kena Hepatitis-B dari gw. Lalu dia bilang, ini akan diinformasikan kepada dokter anak yang kelak akan menangani si bayi. Ini juga yang menarik. Soalnya dokter sebelumnya tuh agak taken for granted buat ginian. Ada yang bilang,"Ya itu kan urusan dokter anaknya," tanpa ada upaya untuk menjembatani keinginan gw dengan si dokter anak. Emang sih itu tugas gw, tapi kan mbok yao agak kooperatif dikit gitu ngapah.

Nah ada juga yang bilang kalo gw jadinya gak boleh ASI karena itu bakal nularin ke bayi gw. Untungnya gw waras dan gak lekas percaya. Gw riset bahan dengan bantuan La Googlita, dan tidak menemukan larangan bagi bumil yang hep-B carrier untuk menyusui anaknya pake ASI. Si dr Seno Adjie pun juga gak langsung ancang-ancang ngelarang gw ASI, misalnya, begitu tau gw hep-B. Amin. Mudah-mudahan kita bener ada di frekwensi yang sama...

Poin ke sekian lainnya yang gw berikan kepada si dokter ini adalah karena dia menulis. Gw selalu tertarik dengan orang-orang yang tidak berprofesi 'menulis' tapi 'menulis'. Eh ngerti gak sih. Dokter itu kan main job-nya bukan nulis, tapi dokter yang nulis itu punya nilai lebih buat gw. Paling enggak, dia paham 'bahasa manusia' ketika mengkomunikasikan sesuatu yang sulit. Hal-hal medis kan cenderung sulit. Nah kalo dia terbiasa nulis (si dokter ini nulis buat Ayahbunda), jadinya kan dia punya kemampuan lebih untuk bicara 'bahasa manusia'.

Sejauh ini Hil juga memberi penilaian cukup positif buat dokter ini. Rasanya sih gak pelit informasi. Dia juga mengapresiasi gw yang ketara udah riset sebelum nanya-nanya ke dia. Dia pun menghargai informasi yang gw berikan tentang kondisi kesehatan gw. Cucok lah.

Apalagi setelah gw browsing nama si dokter ini (tumben gw gak browsing duluan baru ketemu sama tu orang, hehehe), ternyata dia itu pengajar (tauk deh masih atau enggak) kebidanan di FK-UI. Nilai plus lagi tuh. Paling enggak dia adalah orang yang cukup updated dengan perkembangan kebidanan terkini. Termasuk soal IMD yang ingin gw jalani itu.

Mudah-mudahan gw gak mencla-mencle ke dokter lain deh. Semoga Carolus jadi pilihan yang tepat.

1 comment:

Dian said...

Salam kenal ya.. Saya dian.. Sy jg pernah jd pasiennyaa Dr.Seno..meskipun awal perkenalan tdk dalam situasi enak.. Krn sy ke Dr. Adjie cari 2nd opinion krn keguguran yg sy alami.. Anyway..sy jg ckp senang dg dokter tsb n ckp kooperatif. Smp2 sy udh niat kl hamil lg mau konsult sm dia aja.. Dan skrg sy udh telat hampir 2mggu tp hasil test pack msh negatif :(. Smg aja cpt positif biar cepet konsult sm dr. adjie.. hehe.. Btw, anaknya udh lahir dwonk?? psti tambah pinter ya..