Thursday, October 18, 2007

Panik

Hari ini adalah kunjungan kedua periksa kandungan di RS Carolus. Hehe, ini berarti tempat ketiga kami periksa kebuntingan, gara-gara gw tak puas-puas juga dengan dokter yang menangani gw, hihihi...

Kali kedua ketemu dr JM Seno Adjie, ternyata gw gak langsung mudeng tampangnya. Sempet lupa gitu sama mukanya dia. Pas buka pintu ruang praktik dia, baru deh, eh iya ya dia tampangnya kayak gitu. Idih gile gak penting bener sih nginget-nginget tampang dokter. *sementara sampe sekarang gw justru lupa minta nomor hp-nya, dogol!*

Semestinya kunjungan ke dokter itu masih pekan depan, tapi sengaja dipercepat karena gw pilek durjana gini. Ingus ijo, ngeselin banget deh. Pusing sih enggak, demam juga enggak, untungnya. Tapi tetep aja kan bete kalo mesti srat srot srat srot tapi ingusnya susah keluar, huhuhu.

Dokternya nawarin,"Eh kita USG aja yuk," karena emang belum pernah USG selama dipegang dr Seno (cieh 'selama'... perasaan ini baru kali kedua, kekekekek). Nah, sebelum di-USG, dia mau cek perut gw dulu. Manual, pencet-pencet dari luar. Sip deh. 

Gw langsung ke tempat tidur, rebahan trus mempertontonkan perut gw. Dia pegang-pegang deh. "Hari ini dia udah gerak?" tanya dokternya. Gw mengernyitkan dahi. Udah gerak belum ya?
Kok gw lupa gitu deh. Biasanya kalo doi gerak, gw langsung ceting atau SMS Hil, ngasih tau gerakan apa yang barusan si doi lakukan. Tapi seinget gw kok gw belum ngabarin Hil soal itu ya. Lupa blas deh.

Trus enteng aja gw bilang,"Kayaknya belum deh."

"Ha? Belum gerak?" Lah kok jadi dokternya yang panik. Mana dia pake mengernyitkan dahi segala. Monyet, gw kan jadi ikutan panik.

Gw langsung cross-check ke Hil, sebetulnya hari itu gw udah lapor ke dia atau belum ya soal gerakan si doi? Hil-nya juga sama-sama palupi kayak gw. Haduh, gimana dong.

Trus gw cerita ke dokternya kalo tengah malem si doi masih gerak-gerak. Kenceng banget malah, sampe Hil kaget. Trus dia emang lebih sering gerak pas malem, jelang tengah malem tepatnya. Kalopun gerak-gerak di siang hari ya itu sekadarnya aja. Eh tapi si dokternya tetep aja pasang tampang panik, sambil terus mencet-mencet perut gw.

Monyeettttttt... dikira itu gak bikin gw panik ape???

Masa sih doi menghilang begitu aja??

Huhuhuhu....

Si dokternya pencet-pencet lagi. "Kok saya gak bisa nemuin detak jantungnya ya?"

Monyeettttttttt... hoi hoi hoi, ayo dong bunyi dongg... haduuuuu...

Deg deg deg deg deg deg...

Akhirnya kedengeran juga itu bunyi detak jantung. Kecil dan lemah sih, walaupun ritmenya normal. Mungkin dia lagi ngumpet atau lagi pergi bentar tadi, makanya gak ketauan dia ada di mana. Haduh, legaaaaaaaa bener rasanya. Meskipun gak sekenceng pas pertama kali gw dengerin yak. Waktu pertama denger tuh takjub abis deh, suaranya kayak orang baris gitu. Kayak di dalem ada sepasukan, instead of satu orang doang, huhu...

Abis itu dokternya bilang,"Kita USG yuk, biar pasti."

Aduuuuh biyooo.. gw jadi deg-degan lagi deh. Meskipun udah denger detak jantungnya, tapi kan tetep aja booooo....

Berhubung di Carolus itu ruang USG-nya misah sama ruang dokter, jadilah kita ke ruangan lain. Ruangan dr Seno itu nomor 18, tempat USG itu ruang nomor 30. Di jalan, gw baru liat, muka Hil panik abis. "I was scared to death." Dia cuma bisa bilang gitu sambil jalan ke tempat USG. Gw juga atuuuuhhhhhh....

Pas di USG, baru deh akhirnya lega. Itu doi masih ada, aman sejahtera. Rupanya dokter tadi kesulitan nyari detak jantungnya karena dia salah pencet. Dia kirain posisi bayinya udah ke arah jalan lahir (kepala di bawah), tapi rupanya kepala si doi masih di atas. Karena salah pencet perut, jadinya ya gak kedengeran deh. Hoooo gitu. Dan posisinya sekarang itulah yang disebut sungsang (breech position, barusan gw google nih). Posisi kayak gitu tuh yang bisa bikin seseorang terpaksa di-Caesar. Haduh, gaswat ini.

Dr Seno trus bilang, gw mesti banyak-banyak nungging. Knee-and-chest position, bahasa resminya. Kalo nungging, mudah-mudahan bayinya berputar jadi posisinya gak sungsang lagi. Emang sih bayinya masih bisa muter-muter, tapi ya itulah, mendingan banyak-banyak nungging dari sekarang biar si doi posisinya bener. Soalnya kalo udah gedean lagi, makin susah muterin itu posisi bayi ya karena ruang geraknya
makin sempit. Jadi better doing it now!

Dr Seno juga menganjurkan gw untuk menghitung gerakan bayi. Gak usah sepanjang hari. Tapi pastikan aja kalo dalam 6 jam minimal ada 10 gerakan. Kalo udah 10 gerakan dan belum 6 jam, ya gak usah diterusin penghitungannya. Pokoknya dia mesti gerak deh. Kalo gak gerak, mesti curiga dan lapor sesegera mungkin.

Hhhhh... lega karena si doi ternyata baek-baek aja. Tulang belakangnya oke, diameter kepalanya oke (lupa juga nanya berapa diameternya, abis toh gw gak ngarti gituh), jenis kelaminnya belum bisa diketahui karena doi ngumpetin. Gapapa deh. Gw dan Hil juga gak ngebet-ngebet amat untuk tahu. Kita mah pasif, nunggu inisiatif dokternya ajah.

Nanti saya pastikan akan banyak-banyak nungging buat kamu ya!

No comments: