Tuesday, October 9, 2007

Kelas ASI Buat Bumil

Horeee.. akhirnya gw nemu dan bisa ikutan Kelas ASI juga. Maaci ya Eci buat informasinya.

Gw ikut Kelas ASI yang dibikin sama milis Sehat dan Yayasan Orangtua Peduli (YOP), Minggu kemarin. Mestinya sepekan lalunya, tapi keabisan tempat di kelas tersebut. Gw tau keberadaan kelas itu ya dari Eci, karena dia yang ikutan milis itu. Gw ngajakin Mirana yang lagi bumil juga, dia berminat, ya udah sikat deh. Akhirnya ya sukses dapet tempat di kelas Minggu kemarin.

Kelas ASI-nya emang khusus buat bumil. Selain menyosialisasikan soal ASI, kelas ini juga menggaungkan pentingnya IMD alias Inisiasi Menyusu Dini. Cocok lah, karena gw pingin melakukan keduanya. Secarrraaa yeee, gw dah banyak baca soal manfaat keduanya, ya kenapa enggak dijajal dan dipastikan aja. Gitu toh?

Materi di kelas itu menarik. Gw dulu sempet gak kebayang, sebenernya gimana sih prosesi IMD itu. Kan bayinya disuruh merangkak sendiri gitu dari dada ibunya untuk nyari puting. Huhuhu, bingung gak sih. Kan dia belum tau arah, belum bisa ngerti disuruh maju atau belok kiri, atau bahkan gak ngerti payudara, apalagi puting, emaknya. Belum lagi ngebayangin itu bayi telanjang, apa gak kedinginan ya. Trus berkaca sama pengalaman kakak gw yang pake induksi pas melahirkan, trus bidannya bilang, Pelangi gak langsung disuruh ASI ya karena kakak gw kecapekan abis melahirkan dan pake induksi. Di dalam hati tuh sebenernya gak percaya, tapi ya waktu itu ditelen aja gitu informasinya.

Pencerahan pertama sebetulnya dateng pas di acara Klinik kantor gw ngundang Utami Roesly yang pakar laktasi itu. Dia cerita, kalo bayi telanjang yang ditaro di dada ibunya gak bakalan kedinginan. Dada ibunya akan memberikan kehangatan +/- 1 derajat Celcius, menyesuaikan dengan kebutuhan bayinya. Ibarat inkubator gitu lho, tapi yang ini alami, gak perlu disetel-setel temperaturnya. Ahay, menarik sekali...

Pencerahan kedua ya pas di Kelas ASI ini karena untuk pertama kalinya gw melihat video IMD. Huhuhu, mengharukan sekali. Bayi baru lahir, lengkap dengan keriput-keriputnya itu, ditaro di dada emaknya, di antara kedua payudara, trus dia disuruh nyari sendiri di mana puting emaknya, tempat dia bisa nyusu. Prosesinya ternyata 30-60 menitan. Wah lama juga ya. Jangan-jangan ntar pas gw IMD yang ada gw yang tengsin karena kan mesti telanjang dada ngono, huhuy...

Tadinya gw pikir, kesian amat itu bayi mesti nyari sendiri puting emaknya lantaran dia ditaro diantara payudara. Kenapa gak langsung di-nyok-in aja ya di payudara emaknya. Biar cepet gitu lho. Eh ternyata yang kayak gitu gak boleh. Bayi gak boleh dipaksa menyusu, gitu. Ooooo baru tau. Kirain dia pasti keausan abis berjuang keluar dari rahim ibunya, hihihi. Karena gak boleh dipaksa nyusu itulah si bayi ditaro di antara payudara ibunya. Biar dia sendiri yang nentuin kapan dia haus dan mulai mencari puting ibunya buat nyusu. Oooooalah lucunya. Nah karena dia yang nentuin, jadilah bisa aja si bayi tidur-tiduran dulu di dada ibunya. Hihihi. Kagak nyadar apa dia ya kalo ditungguin, hihihihi..

Di kelas itu juga diajarin cara menyusu yang benar, gimana pelekatan yang baik antara mulut bayi dengan payudara ibunya. Ada empat langkah gitu deh yang mesti diperhatiin. Salah satu pertanda kalo ada yang salah langkah adalah kalo menyusui jadi proses yang menyakitkan. Nah pasti ada yang keliru gitu deh.

Ada beberapa pasangan juga yang nanyain gimana cara memastikan ini dokter pro-ASI atau enggak, serta apakah rumah sakit itu bakal melayani IMD atau enggak. Ada satu orang yang punya pengalaman kalo RS Internasional Bintaro itu langsung nawarin ke bumil-bumil, ntar mau melahirkannya pake IMD atau enggak, mau rooming-in atau enggak. Wah trendi juga itu rumah sakit yak. Tapi kan ya jauh pisan, edan aja kalo gw mesti periksa dan melahirkan di sana.

Nah kalo ragu-ragu sama si dokternya, bisa menempuh dua cara. Pertama, menginvestasi waktu untuk meminta dokter melakukan IMD dan pro-ASI. Kedua, ya cari dokter lain. Duh, gw mah pilih yang kedua aja deh. Iseng amat ya investasi waktu (dan duit untuk tiap kali periksa, tentunya) untuk sesuatu yang gw inginkan. Mendingan cari rumah sakit dan dokter yang siap sedia melakukan apa yang gw pingin. Cafffeee amattt deeii kalo mesti ngajak berantem. Apalagi kan bisa aja itu dokter bandel, dan sebagainya. Dan itu juga artinya Hil mesti siap sedia ngajak berantem dokter atau suster jika terjadi hal-hal di luar kehendak kami. Males dooonggg...

Di milis Sehat dan YOP sebagai penyelenggara Kelas ASI itu, ada dokter juga di sana. Salah satu dedengkotnya adalah dr Purnamawaty, yang baru gw ketahui sekarang kalo dia itu temen sekelas nyokap gw pas di FK UI. Hoooo lucunya, what a small world yaaa.. Si dr Waty ini koboi abis, ngejawab pertanyaan dengan sangat santai. Nyablak abis lah.

Dia mengkritisi perilaku konsumen kesehatan yang, kata dia, kayak kerbau dicucuk hidungnya. Dia bilang,"Kalian kan bisa rewel kalo beli beras tuh. Yang dagang jutek dikit, udah langsung gak mau beli beras di toko itu lagi. Tapi kenapa kalo beli kesehatan, trus sikap kalian jadi manis begitu?" Hoho. Bagus lah. Dia mendukung betul perilaku konsumen kesehatan, alias pasien, alias gw-gw ini, untuk gak semena-mena menerima apa pun kata dokter. Persis seperti yang diajarin emak gw, hihihi. Cucok lah.

Mumpung ada dokter, gw tanya aja soal Vaksin Hep-B dan Imunisasi Hep-B (HBIG) buat si doi kelak mengingat gw Hep-B carrier. Lalu dia menjelaskan secara umum buat yang lain. Vaksin Hep-B itu adalah vaksin yang emang harus dikasih di hari pertama bayi lahir. Tapi entah mengapa ada aja dokter yang gak ngasih, padahal itu udah dianjurkan WHO. Nah berhubung gw Hep-B carrier, gw tenang aja, dokter pasti akan langsung ngasih itu vaksin, gak pake nanya-nanya, tanpa perlu gw 'ajak berantem'.

Trus soal HBIG, kata dia sih sebaiknya dikasi. "Kalo punya uang, harus dikasih HBIG," kata dia. Emang sih harganya mahal. Kata dr Waty sekitar 1,5 jutaan, bisa beli indent di Kimia Farma dan minta disimpenin dulu biar cara nyimpennya bener. Wah lucu juga, beli obat pake indent, kayak beli mobil ajeh.

Vaksin Hep-B dan HBIG itu bekerja saling mendukung. Vaksin Hep-B itu begitu disuntik ternyata baru memunculkan antibodi setelah 2 minggu. Sementara HBIG akan langsung ngasih antibodi ke tubuh begitu disuntikkan, dan reaksi perlindungannya bakal habis setelah 3 bulan. Jadi begitu kemampuan perlindungan dari HBIG abis, vaksin Hep-B-nya yang bakal mulai bekerja melindungi tubuh. Hooo begitu toh. Wah, berarti serius nih gw mesti cari duit buat beli HBIG... Semoga harganya gak 5 juta seperti kata Mbak, huhuhu...

Asiknya lagi, di Kelas ASI itu ada Tika, anak Kom 95 yang jadi relawan konselor ASI di YOP. Gw dan Mirana jelas kenal lah sama dia, apalagi trus dia menyediakan diri untuk ditanya macem-macem seputar ASI. Secara anak dia juga udah 2 gitu. Gile ya, umur beda setaun sama gw kok ya bisa-bisanya anak udah dua.... dahsyat pisannn...

Sampe rumah, gw segera berbagi ilmu pengetahuan sama kakak gw. Kebetulan gw dikasih materinya sampe 2 bundel, satu buat gw dan satu buat Hil. Satunya lagi ya gw oper aja ke kakak gw, berikut CD IMD-nya. Walaupun kakak gw melewatkan kesempatan untuk IMD, gapapa deh, yang penting Pelangi bisa dapet ASI dengan baik dan benar. Tsaaahh... dengan baik dan benar itu apa pulaa... hihihihi...

No comments: