Wednesday, October 3, 2007

Riset Biar Pinter

Gw gatau apa jadinya hidup gw tanpa internet, tanpa La Googlita dan segala kemurahan informasi yang ditawarkan. Hidup yang semula gelap, bisa terang benderang berkat riset internet. Yippie!

Selama ini gw dapet informasi yang beda-beda terus soal proses melahirkan dan menyusui, terkait kondisi gw yang hep-B carrier ini. Kalo menilik dari segi virus, gw bisa nularin ke bayi gw lewat kontak darah. Secara melahirkan pasti berdarah-darah, ya udah pasti ketularan lah yaw. Tapi masa itu bayi gak gw keluarin dari perut demi tidak menularkan? Gak muksin toh...

Yang sempet bikin patah hati beberapa waktu lalu adalah karena DSOG gw sempet bilang kalo gw gak boleh ASI. Ada lagi DSOG-nya temen Hil yang bilang kalo bumil yang hep-B disarankan melahirkan secara Caesar. Haduuuhhhhh... Gw sungguh gak kepengen melakukan itu. Gw pengen ngelahirin normal dan juga pengen ASI. Gimana dong?

Untunglah ada La Googlita. Jadilah gw sibuk browsing sana sini, mencerdaskan isi otak demi merasa tenang. Ada banyak situs yang membawa pencerahan buat gw, diantaranya situs WHO, situs Centers for Disease Control & Prevention, juga situs soal Hepatitis B, dan situs Pediatrik. Dan sungguh mati, informasinya menenangkan gw banget.

- Gak ngaruh ngelahirin pake normal atau Caesar. Dua-duanya akan berdarah-darah juga toh. Jadi ya pilih ngelahirin normal juga gapapa. Hore!
- Bayi yang baru lahir harus segera dikasih vaksin hep-B dan hep-B immunoglobulin (HBIG). Yang vaksin sih emang sifatnya wajib. Kalo bisa ditambahin HBIG lebih bagus lagi. Tapi huhuhu harga HBIG itu mahal pisan. Kata kakak gw, harganya 5 jutaan (padahal dosisnya cuma 0,5 ml, huhuhuhu). Kata suatu blog, harganya sekitar 1,8 juta di tahun 2004, huhuhuhu.
- Tentu saja boleh ASI, gak ada larangan sama sekali. Cuma perlu waspada aja kalo ada cracked nipple.

Rasanya gw tinggal memastikan soal ini ke DSOG gw dalam kunjungan berikutnya. Juga cari rekomendasi Dokter Spesialis Anak DSA yang ngerti soal beginian. Lalu sekali lagi memastikan kepada si dokter kalo gw pengen melahirkan normal dan melakukan IMD. Rasanya setelah itu hati jadi tenang.

Tinggal cari duit yang banyak aja buat beli HBIG, huhuhuhu...

No comments: