Sunday, November 28, 2010

Again, Mencari PRT

Si Ibu keliatan makin kepayahan karena sendiran ngurus rumah dan Senja. Indikator paling gampang adalah gak pernah ada lagi makan malam tersedia. Si Ibu baru masak makan malam kalau nyokap nyampe rumah jam 5-an, sehingga bisa pegang Senja. Tapi kalau enggak, ya sudah. Karnea itu juga gw jadi berteman akrab dengan tukang mi tek-tek, hehe. (aha, mungkin ini dia penyebab typhus gw waktu itu huhuhuhu)

Obrolan beberapa kali sama nyokap memperlihatkan kalau si Ibu jadi sering kembung, sakit perut dll. Malam, gak makan, langsung tidur. Mengingat si Ibu dulu pernah sakit parah sampai masuk rumah sakit, tentunya ini membahayakan kesehatan doi dongs. Oke, misi ini harus dijalankan: cari PRT lagi.

Setelah balada si Omas yang gagal ini, ya sudah lah, apa boleh buat, mungkin jalurnya gw harus lewat Yayasan. Ini kan perkara luck aja bakal dapat PRT yang oke atau enggak.

Jadilah seharian gw telfonin satu per satu Yayasan yang ada di sebuah blog gitu deh. Bener-bener literally satu per satu gw telfonin. Ternyata kebanyakan adanya baby sitter, BS. Ajigile, harganya udah amit-amit ya bo. BS yang pengalaman di bawah 1 tahun aja gajinya 1,5 juta, amit-amit dah. Perasaan baru taun lalu gw menghire Mbak Ika yang ratenya 900 ribu. Sekarang udah segitu ajeee..

Sempat jatuh pilihan ke sebuah yayasan yang ada di daerah Tebet. Ada 3 pekerja tersedia, duh royal banget toh. Dan semuanya pun PRT, bukan BS. Cocok dong sama kebutuhan gw. Mereka ini asalnya dari somewhere di Jawa Barat deh. Gw ngomong sama si pemilik yayasan. Tadinya gw udah mau langsung dateng ke sana tuh, mumpung di Tebet, kan deket tuh. Eh tapi gw ke sana pake apa? Bareng Hil dan Senja? Ah kok kasian Senja digotong-gotong gini, karena kan ini bukan buat dia. Trus Hil juga masih capek abis kelar urusan Greenpeace.

Oke, tahan diri. Coba kita wawancara si PRT ini lewat telfon. Mula-mula gw tanya sama si ibunya dulu, tapi trus dia kayak gak tau persis gitu latar belakang pekerjanya. Kebetulan si calon pekerja itu baru dateng dari Bogor. Tanya-tanya dikit, usia 30-an tahun, lalu punya anak 2, suami di kampung halaman. Sounds ok. Gw tanya, bisa mulai kerja kapan? Eh trus jawabannya kayak ogah-ogahan gitu. ‘Saya baru sampai, capek.’ Duile. Nah trus pas ditanya mau mulai kapan, ngejawabnya,’Gak tau deh.. sekarang sih masih capek.’ Jadi maksud looohh?

Ah gelagatnya kok gak baik. Apalagi pas Hil yang gantian nelfon buat crosscheck. Kayaknya ini bukan tipe yayasan yang punya perjanjian rigid gitu deh. Pas ditanya soal cuti, jawabnya gak jelas. Begitu juga tanya hal-hal lainnya. Makin mencurigakan. Ya udah, pending dulu deh. Kalau gak ada pilihan, yaaaa apa boleh buat kali ya. Toh masih ada hari Senin untuk cek lagi dan kalau perlu, ngambil dari si yayasan ini.

Naaahh di saat yang sama, nyokap tuh lagi ngurusin BS buat eyang gw, karena BS yang sekarang, Mbak Nur, mau berhenti. Eh masa istilahnya BS juga ya? GS kali ya tepatnya, Grandma Sitter, hehehe. Nyokap dapat GS pengganti itu dari yayasan yang sama tempat si Mbak Nur ini berasal. Pass lah sama keinginan eyang gw: orang Jawa, hohoho.

Trus iseng-iseng gw telfon aja si Ibu Linda ini, ada PRT gak yang tersedia. Eh kok ya kebeneran ada. Orang Purworejo, sebelumnya udah pernah kerja 2 tahun di Jakarta, trus berhenti karena kebanyakan kerjaan (si majikannya itu di konveksi, trus si mbak ini diminta ikut bantuin juga). Gw lantas telfon lagi malam-malam, pas si Mbak Yanti itu udah nyampe di tempat Ibu Linda. Gw wawancara sejenak, she sounds ok. Udah punya anak, perempuan usia 6 tahun, suaminya juga kerja. Lulusan SMP. Bisa masak. Gaji 850 ribu.

Ah oke deh. Kita sikat wae. Sip, sampai ketemu besok ya Mbak Yanti.

No comments: