Tuesday, November 2, 2010

Balada Si Imas (1)

Minggu malam, gw pas lagi online di FB tiba-tiba baca status temen gw, Ika. Ika ini anak Kom 97 di FISIP UI.
Bagi teman-teman yang membutuhkan asisten rumah tangga, saudaranya asisten rumah tanggaku lagi butuh kerjaan, ada 2 orang mereka sudah biasa kerja, usia 28 n 30tahun.

Gw langsung taro komen dong di situ, menyatakan kalau gw tertarik. Soalnya memang kemarin-kemarin gw dan nyokap nyari PRT buat mendampingi si Ibu. Biar si Ibu gak kecapekan. Lagian rumah memang jadi gak keurus karena si Ibu sibuk ngurusin Senja. Parameter paling gampang adalah makan malam hampir gak bisa dihandle deh. Belum lagi urusan bersih-bersih rumah lainnya.

Gw langsung ninggalin nomor hp gw di inbox-nya Ika. Besok paginya, gw dikasih nomor telfon. Itu nomor telfon Mbaknya Ika, yang jadi penghubung dengan 2 PRT baru itu.

Jam 10-an dari kantor gw telfon si Mbak itu. Ngobrol-ngobrol, gw bilang gw mau ambil yang satu orang. Satu orang lainnya ternyata udah di-tek. Ah, beruntungnya gw, gitu gw pikir. Kok ya pucuk dicinta ulam tiba begini. Cepet banget dapat PRT. Gw langsung berbagi kabar gembira itu ke nyokap dan Hil.

Kebeneran banget, rumahnya Ika itu di daerah Rawamangun. Aih cocok bener. Jadilah gw ke rumah Ika itu abis pulang kerja. Gw pakai taksi, Hil pake sepeda, ketemu langsung di sana. Pas taksi gw nyampe, ternyata pas barengan Ika dan Reza - suaminya - juga nyampe. Kenalan-kenalan, becanda-becanda dulu dong sama empunya rumah. Kata Ika, harusnya 2 mbak itu tuh buat sodaranya gitu. Tapi ternyata sodaranya maunya PRT yang udah tuaan, di atas 35 tahun gitu. Jadilah 2 orang yang sudah terlanjur di Jakarta itu jadi bengong dong. Abis itu kami ketemu Mbak Imas.

Impresi awal biasa aja. Pakai jilbab. Perawakannya kecil. Mukanya kayak agak takut-takut gitu deh.

Dari wawancara awal, hasilnya gini. Dia udah pernah kerja sebelumnya. Punya anak, umur 2 tahun, perempuan. Suami kerja di kebun. Anaknya diurus sama ibunya. Termasuk deal soal gaji awal. Gw bilang gaji bisa naik kalau kerja oke dalam 3 bulan pertama. Dia itu lulus SD ternyata. SOP biasa lah.

Lalu kita pulang. Gw bareng si Imas ini naik taksi. Hil pake sepeda.

Di dalam taksi, gw lanjutkan lagi perbincangan dengan si Imas. Secara si Imas ini orang Sukabumi, jadilah dia merepet ke sana ke mari pakai bahasa Sunda. Gw udah bilang ke dia, kalo gw gak ngerti bahasa Sunda. Trus dia bengong. Kayaknya ribet juga buat dia berbahasa Indonesia. Haiyah.

Gw tanya, 'Mbak umurnya berapa?' Dia menjawab: 'Dua puluh hiji.' Eeehh berapa tuh?? Kok hiji? Hiji itu bukannya satu? Kok informasi sebelumnya dia berusia 28 tahun? Gw cek lagi: 28 tahun? Dia ngangguk. Nah giliran gw yang bingung dah. Walah walah.

Begitu sampai rumah, gw kenalin si Imas ini sama nyokap, juga sama si Ibu. Kami mengulang sedikit lagi soal kerjaan dia sekarang, juga kerjaan dia sebelumnya. Dia bilang kerja sebelumnya di Jakarta Timur. Di mananya? Dia gak jawab. Sekali lagi hanya mengulang 'Jakarta Timur' . Si Ibu nanya,'Iya, di kampung mana?' Lagi-lagi dia jawab 'Jakarta Timur'. Yo wis lah. Mungkin dia emang beneran gak tau.

Gw tunjukin kamar dia, juga kamar mandi, dan sedikit overview soal rumah. Abis itu dia masuk kamar, gw masuk kamar. Gw sempet pengen ngobrol lagi sama dia malem-malem, tapi lampu kamarnya udah mati.

Yo wis. Selamat bekerja Mbak.

No comments: