Tuesday, November 2, 2010

Balada Si Imas (3)

Di kantor, gw gak mau mikiran lah si Imas pegimana, si Isar pegimana atau siapaaaa kek gitu. Yang penting kerjaan gw beres dulu. Pulang, baru lah ngurusin tetek bengek domestik ini.

Begitu sampai rumah, si Imas lagi di depan TV. Wajahnya yang selalu agak terlihat cemas itu membuat gw ikutan cemas juga. Hehe. Gw nyamperin Senja, main-main dikit. Gak lama, eh kok dia udah di dapur aja? Ah ya mumpung deh, gw update dulu sama si Ibu.

Gw tanya si Ibu, Imas gimana seharian ini? Tadi pagi, si Ibu emang ngajarin pakai mesin cuci. Wajar lah ya kalau gak bisa pakai mesin cuci, kan gak semua orang punya. Tapi begitu ditanya soal setrika, Imas mengaku gak bisa setrika. Nah lho. Kata si Ibu, kata nyokap gw, nyapunya Imas belum bersih. Sambil gw heran juga sih, eh tau dari mana sih kalo nyapu gak bersih, hihihi. Imas juga gak bisa masak. Aahh oke lah, masih bisa ditoleransi.

Lalu sambil terkikik, si Ibu melanjutkan,'Makannya sebakul!' Hahahahaha.

Gw sempetin ngobrol bentar sama si Imas, nanyain mau dia akhirnya gimana. Dia tetep bilang mau pulang. Oke, masih konsisten sama tadi pagi: mau pulang. Alasan utama adalah anak gak ada yang ngurus. Gw cuma sepotong-potong ngertiin dia karena dia ngomong pake bahasa Sunda. Ampun dah gw kagak ngerti lahay, gw kan anak alay *plak*

Hmmm enaknya gimana nih ya. Secara gw udah keluar 300 ribu untuk ngambil Imas yang pada akhrinya CV-nya palsu belaka, lalu sekarang minta pulang juga. Ada mekanisme garansi barang kembali gak niy? Kikikik.

Gw telfon si Mbak Isar. Gw bilang sama dia kalau Imas tetap minta pulang. Isar terheran-heran. Soalnya dia bilang dia udah telfon Imas dulu sebelum Imas berangkat ke Jakarta, memastikan kalau dia beneran mau kerja. Kata Isar, kalau alasannya anaknya, ya kenapa dari awal dia mau berangkat ke Jakarta? Gw jadi inget Imas yang ngaku dipaksa ke Jakarta. Jadi sebenernya siapa yang maksa? Ada yang maksa atau enggak?

Isar pun menyampaikan kalau dia udah nelfon ibunya si Imas soal ini. Haiyyah, jadi family problem gini. Booo ini kan profesional aja: elu mau kerja atau kagaaak. Ampun dah. Ibunya Imas bilang, si Imas dipaksa aja kerja di situ. Kasih aja dua pilihan: ganti rugi ke gw 300 ribu atau pulang pakai duit sendiri. Haiya, sudah pasti Imas gak punya duit toooh.. Jadi emang ceritanya si Ibunya Imas ini ngasih point of no return gitu.

Akhirnya gw mempertemukan si Imas dan Isar di telfon. Pake HP gw (dwoh entah dah tuh berapa menit huhuhu). Gw sengaja pakai speaker out, biar gw bisa ikutan denger. Pada akhirnya percuma aja sih, karena gw tetep gak ngerti karena mereka bicara dalam bahasa Sunda level Advance 4 gitu, hahaha.

Imas terpojok. Dia akhirnya bilang: mau kerja. Karena panik denger angka 300 ribu. Dia baru tau kalau untuk ambil dia itu bayar 300 ribu. 'Banyak sekali,' kata dia dengan wajah panik. Yah begitulah Jeng, duniya emang kejam.

Nah giliran gw dong males. Orang gak mau kerja, dipaksa kerja, hanya demi itu. Sementara gw kepikiran anaknya. Entah bener atau enggak ya cerita soal anaknya masih menyusui itu. Bokap gw sih yakin aja itu sekadar excuse. Tapi gimana kalau enggak? Oh so betapa berdosanya gw dong menghalangi orang mau nyusuin anaknya, menghalangi anak itu dapat hak ASI? Aiihhh mana sanggup gw menanggung beban dosa sebesar itu.

Akhirnya setelah diskusi singkat sama Hil setelah Senja bobo diputuskan untuk memulangkan Imas. Titik. Pas ngasih tau Isar soal ini, giliran dia yang panik. Dia gak enak, karena udah ngasih orang tapi malah minta pulang. Eh ternyata Ibunya Imas nawarin diri sebagai pengganti. Umur berapa? 40 tahun. Wayah, sama kayak si Ibu. Rawan potensi konflik nih secara umur sepantaran. Mendingan kagak daaahhh..

Gw berusaha keras menolak tawaran Isar. Dengan segala daya upaya. Gw sampai terpaksa bilang,'Saya carinya yang mudaan, jangan yang usia 40 tahun.' Eh Isar langsung merepet melanjutkan,'Oh saya ada yang masih muda, masih gadis, usia 20 tahun. Dia kerja mau kok.' Gw berasa kayak lagi terlibat bisnis trafficking gini ditawarin gadis muda...

Sudah lah ya Mbak Isar. Ntar aja kalo gw butuh, gw kabarin lagi; begitu akhirnya gw tandaskan ke dia. Dia lagi-lagi minta maaf. Gw sih akan tetap pegang nomor HP dia. Itung-itung punya channel buat Sukabumi connection, hihihi.

Jadi besok kita pulangin Imas nih? Duile, belum juga 24 jam ada di Pondok Bambu... *sigh*

No comments: