Sunday, January 3, 2010

Bersiap Menenangkan Hati

Besok akan jadi hari pertama Mbak Ika akan berdua doang sama Senja. Brrrhhh. Ngeri? Yoi. Tapi kan the show must go on. Ya gak siy?

Gw yang khawatir ini sempet ketambahan khawatir pas bokap nanyain,’Gimana nih pekan depan?’ Ada tersirat keraguan dari bokap dan nyokap, kalau bisa ninggal Mbak Ika sendirian. Haiyah. Gak usah ditambahin kali deh gw khawatirnya. Lantas gw berbincang sama Hil. Kita khawatir gak? Ya iya lah. Tapi ya gak ada pilihan lain.

Nyokap sempet usul, Senja setiap hari dititipin ke Kayumanis, trus sorenya dijemput sama nyokap pulang kerja. Mulanya it sounds like a comforting idea. Tapi kalo dipikir-pikir, kan kasian Senja. Tiap hari mesti dioyong-oyong ke sana ke mari. Sementara Mbak Ika juga jadinya gak bisa belajar menangani Senja sendirian. Kalo di Kayumanis, sebetulnya praktis Mbak Ika juga gak bisa ngapa-ngapain. Ada nyokapnya Hil yang pasti bakal jadi idolanya Senja. Jadinya ya gak membuat situasi jadi lebih baik juga kalo tiap hari nitip Senja ke Kayumanis.

Alternatif lain? Apa? Ya nggak ada. Lah wong semua orang yang bisa dikerahkan untuk bantu jagain Senja pada udah kerja semua. Tatah, Tante Titut, ya udah pada masuk kerja lagi dong.

Gw menguatkan diri sendiri. Mbak Ika udah ditemenin selama 2 minggu sama Tatah dan Tante Titut. Udah pula sempet ditemenin sama bokap. Ditemenin kan berarti ikut ngawasin gimana kerja si Mbak Ika. Sempet juga boyongan ke Bintaro, dan kakak gw jadi surveyor ketiga untuk mengawasi kerja Mbak Ika. Pas gw tanya sama kakak gw pun, dia bilang kerja Mbak Ika memuaskan sekali, dan gak salah pilih. Tenang dong gw. Paling enggak ada 3 surveyor dari luar rumah yang udah bilang Mbak Ika oke.

Gw dan Hil pun udah membuat catatan dan menyampaikannya ke Mbak Ika. So far, dia melakukannya dengan baik. Yaitu, gak nyambi Senja dengan kegiatan lain seperti nonton TV. Atau berani tegas untuk tidak memperbolehkan Senja ke kebun kalo cuaca lagi gak mendukung. Dan yang paling penting, HP ditaro di kamar aja.

Gw sempet SMS ke kakak gw soal ini. Dan dia bales,’Udah yakin aja. Kan elu gak mungkin berenti kerja toh?’ Ya betul. Gw memang belum berencana jadi stay-at-home mom, jadi ya gw, Hil dan Senja harus belajar untuk bisa saling meninggalkan.

Ok. Hati kuat. Tekad bulat. Besok dan hari-hari berikutnya pasti beres.

No comments: