Sunday, September 20, 2009

Salat Ied Pertama

Aih, ini harus jadi catatan penting dalam sejarah kerohanian Senja, hihihi.

Setelah mengidolakan acara adzan di TV, lalu menjerit 'jan!' tiap kali ketemu mesjid, sampai akhirnya bisa melafalkan 'jid!' untuk mesjid, maka kini tiba giliran Senja untuk terlibat dalam salat.

Sebelumnya, Senja emang demen kalo nyoap lagi salat. Bisa disuruh pake mukena terus dengan order yang tegas dan pasti 'lat!'. Gak ada ampun dah, harus mau. Kalo lagi sujud, ya Senja ikutan sujud sambil lirik-lirik, hihihi.

Nah tadi, menjadi kali pertama Senja ikut salat Ied bareng gw. Tepatnya, bareng gw dan si Ibu, karena nyokap gak salat. Dari berhari-hari sebelumnya, gw udah bilang ke Senja kalo kita mau salat rame-rame di lapangan. Dia sih gak menunjukkan keberatan apa pun ya, jadi ya hayuh aja.

Ketika pagi tadi tiba, jadi gw yang deg-degan gitu takut Senja rewel. Gw udah bersiap dengan kemungkinan terburuk, gw gajadi salat dan Senja minta dianterin jalan-jalan pas semua orang se-lapangan pada salat. Untuk antisipasi, gw bawa truk dan mobil mainan kesukaan Senja sebagai pembunuh rasa bosan. Plus air minum, karena kan salatnya di lapangan terbuka, jadi rawan haus dong.

Kami pun berangkat. Berangkatnya sih bertiga, bareng Hil, tapi Hil kan ke tempat cowok. Si Ibu yang udah duluan berangkat, ternyata sukses nge-tek tempat buat gw. Sempurna. Agak paling belakang, sebelah kanan gw si Ibu, sebelah kiri gw ilalang tinggi, jadi gak dipake buat salat.

Senja udah dibawain sajadah kecil biru dari nyokap. Di depannya gw taro mainan truk kecil, biar dia gak bosen. Trus gw pertegas lagi, kalo abis ini kita salat rame-rame. 'Senja ikut ya.' Sip, beres.

Abis itu salat dimulai. Tau dong salat Ied itu kan lama banget durasinya sebelum sampe ke gerakan ruku'. Jadilah Senja yang tadinya anteng berdiri dengan khusu, sambil pegang truk mainan, lama-lama capek juga. Jadilah dia jongkok. Iya, jongkok, bukannya duduk biasa. Gara-gara dia jongkok, gw jadinya mesti agak melipir ke ilalang gitu pas lagi sujud yang pertama.

Capek jongkok, ganti posisi lagi jadi selonjor. Dan dia tetap anteng, luar biasa! Nah dia selonjornya itu pas banget di sajadah gw. Jadilah gw makin melipir aja ke arah ilalang. Dwoh, padahal ini mukena baru, kan sayaaangg.. hihihi..

Begitu kelar, gw langsung memeluk Senja dengan gembira. Dia anteng! Hebat! Abis itu gw tawarin minum dong, secara kita salat di tengah matahari pagi gitu. 'Senja mau minum?' Dia geleng, sambil jawab,'Lat!' Halah, jadi gak mau minum karena lagi salat? Kekekekeke..

No comments: