Thursday, September 24, 2009

Melanggar Pantangan

Mumpung Lebaran, makanan aneka rupa ada di depan mata tanpa usaha, kayaknya ini saat yang tepat untuk ngetes alerginya Senja, hehe. Bukan bermaksud kejam tentu saja, tapi kan setiap dugaan alergi harus ada verifikasinya, hihihi *pembenaran*

Di hari pertama Lebaran, Minggu, pas di rumah Kayumanis, makan kue tart coklat. Gw dan Hil lirik-lirikan dulu, tapi hayuh deh, hajar bleh. Pingin tau juga. Eh ternyata Senja lahapnya minta ampun. Bolak-balik disuapin sama nyokapnya Hil, gantian sama Aya, sepupunya Senja. Longok punya longok, angkat-angkat baju, intip badan Senja, wah kok aman tuh, gak ada bentol. Cihuy!

Abis dari Kayumanis, ke Rawamangun. Seperti biasa di sana bikin minuman es-es-an gitu. Cobain dikit buat Senja, aman. Amin. Abis itu makan sore, hmmmm pake apa yak. Di rumah Senja udah makan ayam opor, juga makan gule kambing. Di sini makan apa yak. Pilih punya pilih, jadilah makan iga panggang. Teorinya tentu memanggang iga pasti dengan kecap kan? Nah kecap kan masuk daftar pantangan tuh. Jajal? Sikat! Bentol? Enggaaaakkkk... horeeee..

Besoknya, Senin, agenda berlebaran adalah nyekar pagi di Kalibata. Di situ ya gak makan apa-apa, karena kan Senja udah sarapan. Abis itu ke Tegal Parang, ke rumah 3 (ya, tiga! oalah! jangan tanya nama mereka ya huhuhu) sodaranya Hil. Di salah satu rumah, Senja ngicip Astor coklat. Dia gak doyan untungnya, lega. Abis itu makan siang di rumah salah satunya itu deh, makan semur daging. Lagi-lagi, pasti ada kecap dong di sana. Untungnya gak bentol, amiiinnn..

Sore di rumah, hmm, makan apa ya, gw mulai clueless gitu. Gimana kalo kita jajal telur? Hehehe, menu gampangan tuh. Logika (alias pembenaran) gw gini. Dulu emang Senja sempet nolak telur dadar yang gw bikin, tapi gw duga itu karena pake bawang bombay. Mungkin dia gak suka rasanya. Jadilah gw bikin telur dadar yang cuma pake garam tok gitu. Gak pake tambahan apa-apa. Daaaann... Senja doyannya minta ampyun! Astaga, gw sampe terharu gitu. Jarang-jarang tuh dia minta makan sampe nyamper, trus bilang 'Mau!' gitu, ohhh senangnya. Mana trus gak bentol pula, horeeee..

Selasa, kita ke Bintaro. Tepatnya, gw dan Senja ke Pondok Bambu, sementara Hil ke rumah sodaranya di Cakung. Pagi, Senja makan biskuit Regal dicelup ke teh manis hangat. Kesukaan gw banget tuh. Gw dan Senja pun sukses menghabiskan separuh bungkus Regal, horeeeee..

Siangnya, di Bintaro, Senja makan sup iga buatan nyokap gw. Kalo ini mah harmless aja, karena kan Senja emang boleh makan iga, trus isinya juga aman buat Senja. Jadinya ya cincay aja. Di sana, Pelangi yang justru jadi bentol, diduga karena ikutan minum jus apel-kiwi punya Senja. Nah lhoo, masa Pelangi alergian jua, huhuhuhu.

Sore, di rumah, gw buatin sop. Maksudnya sih biar Senja makan sayur lagi gitu. Soalnya sejak Lebaran, dan makan nebeng sana sini, jadinya Senja gak makan sayur. Gak sehat dong, ah ya walau dia makan buah tiap hari yah, tapi kan tetap harus makan sayur dong. Ealah, resenya, sop buatan gw ditampik mentah-mentah, huhuhu. Gak mau sama sekali. Hil menduga, indera pencecap Senja udah mulai selektif, karena pas Lebaran dikasih makanan yang tasty melulu. Huhuhuhu, gaswatttttt..

Jadilah sop buatan gw diolah lagi sama Hil jadi bakwan. Ah no, bukan sekadar bakwan, tapi kick-ass bakwan! Dan beneran, enak banget itu bakwan. Ih pasti pake jampi-jampi deh.

Rabu, makan di luar yuk Senja. Karena gw dan HIl udah lama pingin makan lagi di Hema Resto, jadilah kita ke sana. Aih, Senja makan masakan Belanda bow ceritanya. Siwalunnya, di jalan tuh kita kasih Senja cemilan kurma (yang juga tidak menyebabkan bentol itu, cihuy!) dan gara-gara itu kayaknya Senja jadi blingsatan gitu. Gula. Bener-bener yang gak mau diem di tempat gitu, walaupun mestinya Senja itu laper.

Pas menu terhidang, entah lah itu namanya apa, Senja emoh ogah-ogahan gitu. Iiihh slompret, huhuhu. Mashed potato with giant sausage, gitu lah terjemahan di bawahnya. Hutspot, atau Hukspot atau apa deh gitu bahasa Belandanya. Dengan gravy sauce di sekitar mashed potato itu, yum yum enaknyaaaaa... Tapi ditolaaaaakk sama Senja. Sosisnya jugaaaaaa, gggrrh!

Akhirnya dibeliin lah Belgian Fries yang tak lain dan tak bukan hanyalah kentang goreng biasa. Dan Senja mau. Duileeeee dasar deh ini anak. Tapi di sela-sela makan kentang itu, ya tentu saja gw sodorin cuilan sosis raksasa itu, dan dia mau! Iiihhhh sok teu lu, kekekekeke. Di Hema pun kita melanggar pantangan dengan ngasih eskrim (pasti ada susunya dongs), lalu klapertaart (yang diduga ada telur dan susunya).

Bentol? Bentooooll... kekekekeke. Bentol kecil-kecil khas alergi gitu, di bagian leher sebelah kiri belakang. Tapi ternyata gak lama dan Senja pun gak keliatan terganggu. Aman? Mudah-mudahaaaann...

Dari Hema, ke Pasaraya Blok M, trus pulang naik busway, sampe rumah bingung lagi deh. Masak apaan yak. Jadilah telur dilirik lagi, hehe. Dasar pemalas. Kali ini, gw coba bikin tahu telur, pake tahu sutra gitu, ditambah bawang putih.

Doyan? Baaanggeetttt...

Wuah hebat Senja ini. Jangan-jangan bebas alergi ini berkah Ramadhan? Aiiihhhh senangnya... terima kasih Tuhan!

No comments: