Monday, September 21, 2009

Ke Kalibata


Wuih, udah tahunan kayaknya gw gak ke kuburannya Kakung di Kalibata. Jadilah tahun ini diniatkan untuk ke sana. Sekalian ngajak (plesir) Hil dan Senja.

Semula diajakin untuk barengan berangkat dari Cipinang, bareng Uti-Tatah-Ikhsan dan keluarga Bandung. Tapi daripada tunggu-tungguan, mendingan langsung aja deh dari rumah.

Ah ternyata kami sampai beberapa menit lebih lambat dari mereka, mungkin karena mampir kantor dulu untuk ngasih rantang makanan. Begitu sampai, gw langsung telfon Diani yang memberi order begini: lurus saja sampai ke Patung Garuda, lalu ke sisi kanan, kuburannya nomor 1449. Okeh deh, sip.

Terik benderang bo mataharinya, silau banget. Untung aja gak lupa bawain Senja topi. Begitu sampai di kuburan, langsung disambut gembira sama rombongan. Plus takjub. Lagian anak kecil kok ya mainnya ke kuburan, aneh-aneh aja.

Senja sih selama di kuburan itu takzim aja. Dokem-dokem terkesima gitu. Mungkin dia bingung, ini apaan sih tempat kok aneh banget. Trus kenapa juga banyak helm bertebaran gitu hihihi. Apalagi trus diajak jongkok sama Hil, trus diajak berdoa di depan kuburan. Hihiehihhi, dia pasti bingung tuh ya. Belum lagi trus diajakin untuk naburin bunga melati, wah wah, plesir macam apa pula ini...

Nyekar di Kalibata berlangsung cuma sebentar. Ya wong cuma berdoa, trus nabur bunga dan siram pakai air seember. Pesertanya pun sedikit, jadi gak terlalu lama. Yah paling cuma setengah jam deh. Panasnya itu lho amit-amit. Mungkin itu juga yang membuat kita semua bergegas.

Pas pulang, kita pakai 'jalur Uti', seperti istilah Tante Hani. Sebetulnya ada jalur yang lebih pendek, tapi mesti naik turun tangga. Secara Uti pake kursi roda gitu lho, wasalam aja dong kalo mesti berurusan sama tangga. Jadilah pakai rute keluar seperti rute masuk yang tadi gw pakai. Lurus sampe patung Garuda, trus langsung deh belok kiri ke arah gerbang keluar. Di jalur ini emang ada tangga, tapi dilengkapi juga dengan lantai yang landai gitu.

Setelah dadah-dadahan, peluk cium penuh kemesraan, kami pun berpisah dengan rombongan. Mereka masih mau ke makam berikutnya, yaitu makam Pakde Toto, kakaknya nyokap, di Menteng Pulo. Gw gak ikutan ah, kasian Senja dong, ntar kulitnya item, hihihihi.

No comments: