Thursday, January 8, 2009

Pertanda?

Dua hari kemarin gw gak mompa sama sekali. Blas. Soalnya pompa sempet raib, gatau ke mana, padahal mestinya gak jauh-jauh dari tas botol ASI atau tas ransel gw. Tapi entahlah, di kantor gak ada, di rumah pun gak ada.

Jadilah sepanjang Selasa dan Rabu gw gak mompa.

Biasanya tiba-tiba keinget itu sekitar jam 15. Eh belum mompa. Ah tapi kan pompanya entah ke mana. Pas Selasa malem nyampe rumah, Senja juga gak ada gelagat minta nyusu. Malah, dia bisa tidur tanpa harus nyusu. Dia cuma nemplok di atas gw, tengak-tengok kanan-kiri, abis itu bobo. Udah gitu doang, gak ada perlawanan sama sekali, gak ada nangis-nangisan. Wah hebat banget. Mana gak pake nyusu pula. Rabu malem juga gitu. Ditambah lagi, begitu gw sampe rumah, laporan pertama dari si Ibu adalah: Senja minum susu banyak banget, doyan. Wuiihh hebriing.

Alhasil di dua hari itu gw baru nyusuin Senja di jam 22.30-an, pas Senja ngelilir bangun. Itu pun gw aja yang langsung nyodorin, soalnya mulai berasa agak penuh dan keras gitu. Gw yakin sih pas Senja rada kebangun itu, kalo gw tepuk-tepuk aja punggungnya atau gw peluk bentar, dia juga bakal tidur lagi.

Apakah ini pertanda Senja bakal memasuki masa-masa menyapih?

Hmmmmm....

Terlepas dari menyapih atau enggak, gw seneng Senja bisa tidur tanpa harus nyusu. Juga, tidur malamnya makin panjang, gak mudah kebangun atau minta nyusu. Padahal sebelumnya gw sempet khawatir, soal ini bakal berlangsung lama. Padahal akhir Februari gw akan mulai terlibat koproduksi DW, yang kemungkinan besar berarti kerja keras banget. Yang artinya, bisa jadi gw gak bisa ada di rumah pas Senja mau bobo. Gw khawatir Hil kerepotan sendirian pas menidurkan Senja kalo dia harus nyusu sebelum tidur.

Senja betul-betul sudah besar. Udah batita gitu lhoooohhhh, heihiehieheie.

No comments: