Tuesday, March 9, 2010

Kesenangan yang Berbeda


What are the changes you're facing after getting married and having a child?

Gw dan Hil kerap berbincang soal itu. Dalam konteks membicarakan diri sendiri, atau sedang mengomentari orang lain. Ini kasusnya lebih ke perubahan di kehidupan sosial yang kami alami setelah menikah, juga setelah ada Senja.

Jaman lajang dulu, rasanya rugi kalo pulang ke rumah sesuai jam kerja. Pasti ada aja alesan untuk berlama-lama di kantor. Ngobrol-ngobril, plesiran dulu, pacaran dulu kek, atau apa lah. Yang penting gak langsung pulang ke rumah. Karena kalaupun pulang ke rumah, hayo mau ngapain. Apalagi setelah kakak gw menikah dan tinggal di Bintaro. Manyun dong eke. Pulang ke rumah paling ketemu bokap-nyokap yang akan saling sibuk ngobrol to each other juga. Paling ceklak ceklik TV, nonton DVD di kamar, gitu deh. Sementara di hari libur, dengan senang hati berjibaku ekstra di kantor. Atau sekadar datang ke kantor. Atau mati-matian cari kesibukan biar gak gantung. Makanya gw di kantor suka diledekin sebagai anak broken home, karena ada di kantor melulu, hihihi.

Sekarang? Wuih, beda banget.

Kalo gak langsung pulang ke rumah, bawaannya berasa rugi. Bahkan untuk makan malam dulu sebelum pulang, kok kayaknya kasian Senja. Kita kan cuma ketemu Senja 1-2 jam di pagi hari, lalu kerja, trus kalo pulang kerja gak disempetin ketemu kok kayaknya kejem banget.

Awalnya gw suka nelangsa kalau tau ada teman yang trus pergi keluar sama temen lain, sekadar hang out gitu aja. Berasa ditinggalin. Berasa being left behind. Berasa no longer have a social life. Tapi on second thought, kalaupun gw diajak, gw pasti juga pikir-pikir banget untuk mengiyakan. Unless gw yakin kalo Hil bakal ada di rumah dan siaga nemenin Senja, belum tentu gw mengiyakan ajakan untuk kelayapan.

Makanya gw selalu kagum sama emak pekerja yang punya social life yang baik.

Ah ya ya, gw tau. Hidup harus seimbang. Gw juga harus value myself as a person, yang deserve to have a proper social life. Tapi apa gunanya gw bersosialisasi kalo trus yang gw pikirin adalah Senja? Lah wong kalo Senja pas lagi anget, gw aja suka lupa nelfon dari kantor, apalagi kalo keseringan plesir kekekeke.

Gw seneng kerja, gw seneng dengan pekerjaan gw. Gw gak pernah kepikiran untuk bekerja di rumah, misalnya. Dengan begitu, gw tau pasti sedikitnya 8 jam dalam sehari bakal gw habiskan di kantor. Sisa waktunya baru buat Hil dan Senja, juga buat gw. Kata orang, time flies. 'Tiba-tiba anak gede dan elu bakal nyesel karena gak menghabiskan banyak waktu sama anak lu,' katanya. Gw gak ingin mengalami penyesalan itu. Gw ingin cherish every moment, sama Senja, juga sama Hil.

Karenanya gw ingin mempertahankan 8 jam kerja itu menjadi 8 jam saja, tidak lebih, tentu tidak kurang. Yaaa pada kenyataannya sih ada aja bawa kerjaan ke rumah. Dulu gw suka 'ijin kerja' sama Hil kalo pas mesti ngedit di rumah. Tapi lama-lama gak enak sendiri. Akhirnya gw bersepakat sama diri sendiri, kalaupun gw mau kerja di rumah, maka itu lebih baik nunggu Senja dan Hil tidur. Biar mereka gak tercerabut haknya atas gw.

Sometimes I think I want a social life. But some other times, I don't think that's what I really want.

Oprah bilang, kita harus punya me-time. Totally aggree with that. I find a guilt-free-me-time in moments like now: when Hil and Senja sleep, so I can do whatever I want.

Sederhana kok. Me-time gw gunakan untuk update blog, nonton DVD menye, sambil leyeh-leyeh. Itu udah me-time yang cukup buat gw. Hm, well walaupun gw juga gak akan nolak kalau ada gratisan nyalon berjam-jam ya, kekekeke.. inget, mesti gratisan. Kalo bayar, emoh. Mendingan pulang aja dan main sama Senja hahahaha.

Hil selalu meyakini bahwa kesenangan di masa lajang berbeda dengan kesenangan setelah menikah, plus punya anak. Dulu senang di masa lajang berarti keluyuran dan kelayapan sama temen. Tapi senang di masa sekarang berarti bersenang-senang bertiga, ke mana pun itu. Tetap senang, tapi berbeda. Gak ada yang lebih berat dibandingkan yang lain. Beda.

Life is a series of compromises.

1 comment:

Anonymous said...

Ketika nanti Senja sudah punya kehidupan sendiri karena punya sekolah, teman, dan kegiatan segambreng di luar rumah, kamu tidak akan menyesal menghabiskan setiap detik bersama dia.
Percaya deh, sama tatah. :)