Tuesday, February 3, 2009

Berhitung Susu


Kemarin Mirana kirim email: berapa kebutuhan susu buat anak umur 1 tahun?

Nah lho. Gatau nih gw jawabannya. Sempet kepikiran sih soal ini pas Senja mau beralih ke UHT. Tapi belum sempet nyari jawabannya, ya udah berlangsung begitu aja. Sekarang Senja bisa minum satu kotak 200ml tanpa sisa. Gak langsung sih, biasanya dalam dua kali kesempatan. Kalo dia keburu tidur atau apa gitu, ya dimasukin lemari es saja.

Dalam sehari Senja bisa minum 2-3 kotak @200ml. Akhir pekan lalu, kita beli satu kardus susu Ultra yang kemasan 200ml itu, yang plain. Isinya 24, harganya 64 ribuan. Kalo sehari bisa 3 kotak, berarti satu kardus habis dalam 8 hari. Gile, seminggu-an doang? Ckckckck.

Kalo seminggu 64 ribu, maka sebulan itu 4x64 ribu = 256 ribu.

Itu mahal atau murah ya? Gw gatau juga sih kalo itu dibandingin sama susu Dancow misalnya, akan lebih murah atau enggak. Atau kalo dibandingin susu formula, ah tampaknya kalo sama formula mah lebih mahal ya. Seinget gw, temen sekantor gw pernah cerita, dia dalam sebulan habis 800 ribu perak buat susu kaleng. Wakwaaaawww..

Gapapa deh. Yang penting Senja masih doyan dan tambah sehat. Gak boleh itung-itungan, hihihi.

1 comment:

hani said...

Mbak Citra,
Ini ada info. Tadi ngobrol ama temen, apoteker, kebetulan ibunya dosen IPB ahli produk daging & susu.
Si Ibu, pernah kerjasama dengan perusahaan karantina /spot test (men tes sapi, daging sapi, susu). Dari hasil penelitian susu, susu Ultra masih mengandung mikroba. Dia kaget waktu aku cerita, anak keponakan umur 1 thn minum susu Ultra. Karena menurutnya pencernaan bayi 1 thn masih rentan. Walaupun gak mencret, mungkin aja gak terserap atau ada zat yg mengendap di tubuh. Dia sarankan susu bayi/formula aja karena sudah diproses supaya cocok untuk bayi. Mungkin, nanti usia 2 atau 3 thn bisa dicoba susu cair. Itupun, perlu di angetin gak yaaa ? (pasteurisasi)