Friday, June 22, 2007

Mencari Dokter (Lagi)

Pas lagi sakit kemarin, pas udah pulang dari rumah sakit, gw dipusingkan lagi dengan pencarian dokter kandungan pasca putus hubungan sama dr T.

Seperti biasa langkah pertama gw mulai dengan meng-google. Gw mulai serangan acak lagi deh lewat internet, huhuhu. Mulai dari nyari jadwal praktik dokter di RS Rawamangun, ngecek jadwal dokter di Dharma Nugraha, nyari-nyari dokter kandungan lain di Yadika, membrowsing nama-nama dokter di Hermina Jatinegara dan MMC Kuningan.

Sebetulnya sih pilihan paling aman adalah ke Om Yono, secara dia om gw sendiri gitu lho. Dia praktiknya di MMC Kuningan. Bokap gw malah sekalian merancang-rancang, in case of emergency, gw bisa melahirkan di kliniknya YKB di Pisangan. Om Yono-nya sih ngangguk-ngangguk ajah, yang semangat malah Tante Siska-nya, huehuehue. 

Tapi setelah gw tanya ke MMC jadwalnya Om Yono, widiiihh, bikin pusing kepala. 
Emang sih praktiknya Senin sampai Jumat, tapi jamnya pagi semua. Antara jam 9-12, 8-10, 13-15 dan sebagainya. Semuanya passss banget sama jam kerja gw. Kalo tiap ke dokter izin kan gw-nya yang gak enak, secara gw pekerja teladan sejati sakti mandraguna gini. Apalagi ntar pas kehamilan makin gede, ke dokternya mesti lebih sering. Mending kalo jarak
kantor gw dan MMC cuma sepelemparan batu.. Lah ini ketemu macet di Pramuka, Tambak, Kuningan dulu baru 
nyampe gitu lhoooo.. Huhuhuhu.. kalo gw dipecat kan gak lucu... dudidamdidam..

Jadilah gw mencoba-coba dokter lain dong. Itu pun clueless. Adakalanya gw ngerasa dokter yang bagus pasti dokter yang antriannya panjang, karena banyak yang pengen sama dia. Tapi kalo ngebayangin ngantri dokter lamaaaaa itu kan bikin sakit jiwa juga. Trus gw jadi bawaannya curiga gitu sama nama-nama dokter. Kalo gw nge-google nama itu dan gak nemu informasi, bawaannya jadi curiga. Halah, parno gak penting banget gak sih.

Sementara gw sendiri gatau apa yang gw mau. Coba kita mendaftar 'keluhan' yang gw punya terhadap 2 dokter yang udah gw jawab:
- dr A di Dharma Nugraha: pendiem banget, gak banyak jelasin apa-apa, gak impresif pas pertama ketemu
- dr T di Yadika: awalnya sih oke, tapi kalo ujung-ujungnya mutung gitu, kan males. Kalo kata Tatah,"Elu yakin mau mercayain dua nyawa sama dokter kayak gitu?" Waduh.

Abis itu gw telfon kakak gw deh menyampaikan kebingungan gw. Kalo kata doi, dokter ya emang mesti dibrowsing. Trus kalo ngebandingin rumah sakit, emang 
baiknya cari yang deket ketimbang sinting. Nah kalo dari faktor jarak, yang masuk itungan adalah Yadika, Dharma Nugraha dan Rawamangun.

- Yadika: dokter spesialis 93 ribu, USG intip 72 ribu, ruang tunggu kurang asik, gak bisa daftar pasien lewat telfon, rasanya sih overall cukup oke.
- Dharma Nugraha: dokter spesialis 80 ribu, waktu itu dokter plus USG intip 112 ribu, administrasinya oke, susternya ramah, juga cukup oke, terlepas dari harga kamar kelas II-nya yang 325 ribu itu yaaa.. huhuhu..
- Rawamangun: gak pernah menginjakkan kaki ke sana

Kalo dari faktor dokternya, apa yang gw cari? Informatif, seperti dokternya kakak gw, yang langsung ngejelasin tanpa ditanya. Yang memilih melahirkan normal ketimbang caesar. Yang punya cukup pengetahuan soal thalasemia dan hepatitis B. Yang gak nakut-nakutin. Yang membolehkan ASI (gak kayak dokter T, huhu). Rasanya itu permintaan standar yak, namanya juga orang yang clueless sama kehamilan. Tapi se-clueles-clueless-nya gw, ah gw kan teteup baca buku soal kehamilan, walaupun baca-nya iya-iya-enggak gitu, hihihi..

Jadi siapa nih yang beruntung ya?

No comments: