Wednesday, June 13, 2007

Demam Tinggi Tiada Henti

Penyakit gw ada-ada aja nih. Badan gw katro luar biasa rupanya. Minggu malem pas lagi nonton tipi, tiba-tiba gw merasakan gejala-gejala migren. Wah, gak lucu dong. Jadi gw buru-buru tidur aja, biar gak keterusan.

Senin pagi, kata Hilman gw demam. Diukur, lah kok 38.7C aje? Ih najong.

Langsung gw sms bilang gak masuk, gw mending ke dokter gw aja deh. Abis ketemu dokter, dia bilang, kalo demam gw gak turun-turun sampai hari Rabu, Kamis-nya periksa darah. Takutnya demam berdarah, huhuhu.

Hari senin itu rekor suhu badan gw 39.7C, hari Selasa rekor gw sampe 40C. Gak enakkk banget rasanya. Kayak bisa masak telor di atas kepala gw. Kaki ngilu-ngilu melulu.

Dari Senin malem, gw selalu berasa gak enak bagian perutnya. Mulai lah gelegean gak henti-henti. Kan penyakit gw emang gitu tuh, asam lambung tinggi. Rasanya pengen boker, tapi kok perut kerasssss banget. Tersiksa lahir batin dah gw karena gak bisa boker. Jelang jam 12 malem baru deh bisa boker. Haleluya!

Selasa malem, gw mulai berasa gak enak lagi, pengen boker tapi gak bisa. Gw pikir emang jam boker gw berubah kali ye, jadi jelang tengah malem. Tapi gw tunggu-tungguin sampe jam 2 pagi kok gak bisa boker juga. Perut makin sakit, kembung banget, gelegean melulu, huhuhu. Durjanaaaa... Semaleman kemarin itu gw bener-bener gak bisa tidur. Rebahan dikit, ulu hati berasa ketusuk-tusuk. Nyeriiii banget ulu hatinya. Mesti posisi duduk biar enak. Gelegeannya kampungan banget, kayak ada seribu kodok dalam lambung gw dan semuanya bunyi barengan.

Rabu pagi pas kakak gw sms nanyain penyakit gw, baru deh gw cerita soal sakit perut gw. Dia bilang kalo lagi bunting emang gitu, asam lambung tinggi karena hormon progesteron meningkat drastis. Gelege'an adalah upaya untuk mengeluarkan asam lambung itu. Tapi kecepatan gelege'an itu gak sebanding sama kecepatan produksi asam/gas di dalam lambung. Dulu-duluan gitu. Cara paling mudah itu diinfus, karena lambung jadi gak kerja sehingga bisa istirahat tapi kita tetep dapat asupan makanan. Cara sederhana, ya menghindari makanan yang memancing produksi asam lambung. Kakak gw nyuruh gw makan roti, tawar, gak boleh pake apa-apa. karena roti sifatnya kayak spons gitu, nyerap asam lambung itu. Ah sulit bener. Trus disuruh banyak-banyak minum air putih. Huhuhu, gw kan gak suka banget minum air putih...

The good thing is, suhu badan gw udah relatif normal, 37-38C lah. Udah banyak keringetan pula. Tapiiii... trombosit gw justru mengkhawatirkan karena semakin turun. Dari 330 ke 242 lalu hari ini 205. Kalo udah sampe di bawah 150, nah lho, bisa jadi demam berdarah tuh. Adwooohh.. gak lucu toooh sodara-sodaraaa...

No comments: