Thursday, June 21, 2007

Dokter Gak Asik

Gw pikir gw bakal long-lasting sama dr T di RS Yadika. Ternyata enggak.

Ini semua bermula dari ketika gw panas tinggi, yang akhirnya gw masuk rumah sakit akibat demam berdarah itu. Hari itu hari Senin, dr T praktik jam 9-13. Gw ke sana dalam kondisi lemah lunglai, karena badan mulai panas. Untung Hilman lagi libur, jadi gw gak sendokiran merana di kursi tunggu RS Yadika itu. Dokternya telat dateng pula, huhu. Pas konsultasi, dr T bilang kalo demamnya gak turun dalam 3 hari, baru periksa darah. Saat itu dia juga gak memperingatkan gw akan kemungkinan DBD, dia cuma bilang suruh periksa darah.

Pas di rumah, panas gw terus tinggi. Gw lupa deh, hari Senin itu sampai 40C atau enggak, yang jelas panas melulu. Nyokap bilang, ngapain tunggu 3 hari, sore ini aja periksa darah. Ah ya bener juga dong, ngapain nunggu kalo bisa cepet-cepet. Ya udah sore itu juga gw ke Prodia Tebet untuk periksa darah. Hasilnya bisa ketauan malam itu juga, waktu itu sih trombosit gw masih oke.

Besoknya, panas lagi. Periksa darah lagi, lalu hasilnya ketauan siang hari. Trombosit gw mulai menurun. Trus gw sms dr T dong, ngasih tau kalo panas gw belum turun lalu gw udah pereksa darah dan menunjukkan penurunan kadar trombosit. Lamaaaaaa banget baru dibales. Dr T nelfon gw. Dia langsung nanya, siapa yang nyuruh periksa darah. Karena saat itu gw belum merasa perlu untuk menjelaskan bahwa nyokap bokap gw itu dokter, gw bilang aja,"Ibu saya, saya mah hayuh aja." Lalu si dokter bilang kalo mestinya belum perlu periksa darah karena memang belum bakalan ketauan penyakitnya apaan.

Rabu, gw masih panas lagi. Gak ada yang mencegah gw dong untuk periksa darah lagi. Lah wong dari Senin ke Selasa aja udah ada penurunan, kalo turun lagi kan gaswat. Lagian periksa trombosit juga bisa dilakukan tanpa surat dokter, bisa atas permintaan pribadi. Trus yang bayar juga gw, yang disuntik juga gw, jadi kan ya mestinya 
gw gak perlu minta izin siapa pun kecuali diri sendiri dan dompet. Rabunya gw periksa darah dan lagi-lagi ada gejala penurunan kadar trombosit. Senin 300 ribuan, Selasa 242 ribu, Rabu 205 ribu. Nah lho turun terus kan tuh, sementara panas gw teteup aja tinggi.

Gw sms lagi dong dr T, secara doi dokter kandungan gw gituh. Gw bilang kalo panas belum turun, trombosit turun lagi, apa yang harus gw lakukan. 
Trus dia bales sms gini: Siapa yang suruh periksa?

Lah, kok itu melulu sih yang dia tanyain. Penting banget gitu lho siapa yang nyuruh periksa. Saat itulah gw merasa perlu mengungkapkan jatidiri nyokap bokap gw sebagai dokter. 
Biar kesannya gw punya medical reason gitu lho untuk minta periksa trombosit. Walaupun tanpa medical reason pun boleh-boleh aja dong gw minta periksa darah, demi kesehatan gitu lhow.

Karena itu gw jawab pertanyaan tersebut dengan begini: Hehe, ayah ibu saya yang kebetulan dokter itu. Jadi gimana ya kok panas terus dan trombosit terus?

Gak lama dia bales, tumben cepet. Si dr T balesnya gini: Tanya aja mereka. Kalau tidak yakin silakan ke dr penyakit dalam.

Wait wait wait.. kok jadi beginding? Mari kita coba membaca sms ini dengan hati tenang, kepala dingin dan pikiran bijak. Tapi kok teteup aja kebacanya mutung yak. Kayak orang yang merasa dilangkahi gitu lhow, seolah-olah gw tengah menggugat otoritas dia sebagai dokter kandungan gw dengan konsultasi ke dokter lain (yang notabene adalah orangtua gw sendiri).

Gw langsung bete dong, ini dokter apaan sih kok norak amat gitu. Tapi kata Hilman, mendingan itu sms gak usah dibales. Ah, ya deh. Mungkin lebih baik emang gak dibales supaya gak berkepanjangan. Tapi kan teteuuup aja keseul gitu lhow.

Pas gw cerita sama nyokap gw, doi bengong. Dia bilang, ya udah teteup aja datang ke dokternya sekalian kasih tau kalo jenis penyakit demam berdarah sekarang macem-macem, seperti yang dia liat di Puskesmas sehari-hari. Aih males amat. Yang ada malah itu dokter makin manyun karena gw ceramahin soal jenis penyakit
DBD, kan tambah runyam aja.

Abis itu gw yang pusing deh. Terakhir kan si dr T bilang kalo kehamilan gw itu udah 12 minggu. 12 dibagi 4 = 3 bulan. Masa udah memasuki bulan ketiga gw masih browsing dokter juga... huhuhuhuh...

No comments: