Friday, June 29, 2007

Anak Laki vs Anak Perempuan

Kemarin gw beli majalah Mother & Baby dan ada bonus scrap booknya. Itu buku bisa diisi foto-foto bayi kelak gitu. 'Aku Baru Lahir', gitu kira-kira salah satu teks di halaman scrap book.

Seperti biasa, kalo pagi-pagi Salsa pasti ke 'rumah' kami (kamar serbaguna siiiyy). Sambil tidur-tiduran, dia ngeliat scrap book itu. Entah bagaimana caranya dia udah tau kalo itu buku adalah untuk 'dedeknya Mbak Citra'. Dia memang selalu menyebut bayi itu sebagai 'dedek', padahal kan itu rawan keliru sama 'adik'. Masa anak gw kelak adalah adik gw? Ah tapi ya suah lah, pasti Salsa ngerti suatu ketika nanti, hihihi.

Gw lupa asal muasal pembicaraan ini dari mana, tapi lalu tiba-tiba Salsa nanya soal 'dedek-nya' gw itu laki-laki atau perempuan. Lah kan ya mana kita tau yak. Trus dia tiba-tiba menyatakan kalo dia gak mau kalo nanti dedeknya laki-laki. Nah lho. Gaswat dong. Masa ntar dimasukin lagi ke dalem perut?

Sambil bengong gw tanya ke Salsa,"Emangnya kenapa kalo dedeknya laki-laki?" Trus dia jawabnya serius gitu,"Ntar gak bisa diajak main." Idiiih kamu kecil-kecil kok udah melabelkan gender pada permainan.. bisa diajak main tauuukkk.. kan bisa lari-larian, bisa baca buku, bisa apa gitu keeekk..

Trus gw agak membujuk-bujuk dia untuk menerima dengan lapang dada kalo tiba-tiba bayinya itu laki-laki. Tapi dia tetep serius. Gak mau kalo bayinya laki-laki. Nyebelinnya Hilman gak membantu apa-apa, cuma cengar-cengir doang sambil tidur-tiduran di sebelah Salsa, huhuhuhu.

Abis itu gw mengalihkan pembicaraan ke hal lain, biar dia gak terlalu fokus menolak anak laki-laki gitu. 

Lalu tiba-tiba Salsa nanya,"Emang bayi itu dari apa?"

Hilman langsung nyengir trus tutupin muka pake bantal. Huhuhu.

Nah gw dong bingung, karena Salsa terus menatap gw menanti jawaban. Laaahhh ini emang pertanyaan yang konon standar ditanyakan anak-anak kecil, tapi kan gw gak siaaaappp... Aduuhh jawab apa sih mestinya? Gw kontan mencoba mengingat-ingat, kali aja gw pernah baca soal ini gitu, rupanya enggak, huhuhuhu. Trus gw tanya balik aja ke dia, sebagai sarana ngeles njawab juga,"Menurut Salsa, bayi itu dari apa?" Haha, semoga dia punya jawaban.

"Dari daging."

Wah garuk kepala dah gw. Di-iya-in atau enggak ya? Ntar kalo gw iyain, dia kira bisa beli bayi di tukang daging kan gaswat. Trus dengan dongonya malah gw terusin,"Ooo dari daging trus dikasih mata gitu ya?" Nah kan malah gw yang absurd.

Akhirnya gw sudahi percakapan dengan sok-sokan mau buru-buru mandi. Haduuuuuh.. binun!

No comments: