Wednesday, June 8, 2011

Trial di Bona

Kali ini baru deh trial yang sebener-benernya. Senja disiapin. Gw udah telfon sekolahnya dua hari sebelum hari H. Lalu ini beneran trial gitu lhoh. Gak kayak trial di TK Mini yang mendadak disko gitu gara-gara ternyata pas gw datang adalah kelas terakhir, hihihi.

Kita berangkat dari rumah sekitar jam 7.15. Yang berangkat gw-Hil-Senja plus si Ibu. Soalnya di tengah-tengah kelas Senja gw berencana tetep ke kantor, biar Hil aja yang temenin. Ini memang kesepakatan gw dan Hil, biar Senja bisa 'lepas' sama gw. Biar gak setiap saat gelendotan dan gak mau ketemu hal baru karena ada gw.

Kita sampai di Sanggar Kreativitas Bona yang di Rawamangun itu sekitar pk 07.45. Ini kali kedua buat gw, karena sebelumnya dah pernah tanya-tanya, tanpa trial. Masih kosong lah hay. Gw baru ngeh kalau di halaman depan itu ada tempat mainnya. Pas pertama kali gw ke sana, gak mudeng aja gitu. Di situ ada perosotan (tipe yang modern, model-model Little Tikes gitu deh), trus ada mobil-mobilan. Ya kayaknya yang suka ada di mal gitu deh. Beda sama yang di TK Mini yang mainannya tipe old school hoho.

Senja main-main dulu sebentar. Dia sebenernya ngincer main mobil-mobilan, tapi ada satu anak perempuan yang jelas-jelas menguasai mainan itu. Itu anak perempuan kayaknya anaknya si mbak penjaga kantin. Itu dugaan gw aja lho yew. Gw dan Senja sempet mendekati itu mobil pas kosong, tapi si anak itu langsung lari-lari dan menaiki lagi mobil itu. Gw males ah berkonfrontasi sama doi, jadi gw biarin aja, dan gw ajak Senja nyobain mainan yang lain.

Selagi Senja main ditemenin sama si Ibu, gw dan Hil jadi punya kesempatan untuk tanya-tanya sama petugas administrasinya. Kalau ngeliat dari penjabaran dia, serta kertas yang dia tunjukin, tampaknya pelajaran di Bona ini lebih terstruktur. Ah well mungkin yang di TK Mini gitu juga, ini perkara gak ditulisin aja. Tapi tetep aja, ngeliat "jadwal pelajaran" yang ditulis sama Bona itu gw jadi lebih dapat gambaran, oh ini toh yang bakal dipelajari.

Seinget gw pas dulu gw ngecek TK Mini untuk pertama kali,si ibu guru memang menjelaskan apa aja yang akan diajarin, tapi gak dalam bentuk struktur yang keliatan gitu. Secara gw anaknya ya gitu deh, makanya gw lebih demen penjelasan yang di Bona.

Jadi di Bona itu diawali dengan main dulu. Abis itu ada circle time. Di situ tuh ya aktivitas bersama teman-teman yang lainnya (gabung sama kelas lain gitu). Nyanyi-nyanyi beraktivitas gitu. Abis itu beranjak ke pengenalan materi. Trus karena sekolahnya itu 3x3 jam (weks), misalnya di Senin itu pelajaran Bahasa Inggris, Rabu itu pelajaran Bahasa Indonesia dan Jumat-nya pelajaran Matematika. Tentunya mereka gak diajarin sin-cos-tangen lah *ngikik*

Abis itu di Bona juga ada ekskul. Tepatnya sih ini ekskul wajib. PIlihannya adalah basket, bola, balet dan cooking class. Widih, gw langsung kepincut yang kelas masak dong. Apa? Gw? Gile yang mau sekolah perasaan Senja deh, hauhauhuahua.

Satu hal yang membuat TK Mini terasa lebih unggul adalah karena TK Mini punya halaman yang lebih lapang. Terus kelasnya ya kayak kelas, dengan meja kursi mini gitu. Menyenangkan sekali lah. Trus kelasnya juga terang, sinar matahari masuk. Nah kalau di Bona, karena memanfaatkan rumah yang tampaknya kuno gitu, jadinya ya gak banyak sinar matahari masuk. Sama-sama pakai AC sih, tapi ya kalau di Bona ini nyaris gak ada sirkulasi udara sama luar.Tapi di Bona ada kandang kelinci kecil gitu di depan, hihihi lucunyaaa..

Abis itu kelas dimulai. Hil yang nemenin ke dalem. Senja mau aja, meskipun tampangnya agak ragu-ragu. Tapi the show must go on dong. Untunglah di kelasnya itu ada dinding kaca yang super gede. Jadinya gw bisa ngintip apa yang Senja kerjain dari pantulan di dinding kaca itu (walaupun alhasil mata juling gw ini pegel jaya ngintip-ngintip begitu).

Gw akhirnya cabut dari Bona sekitar pk 9. Saat gw tinggal, Senja lagi dalam kondisi baik-baik aja sih. Dia tentu saja keberatan ketika Hil mau ngasih kunci mobil ke gw, tapi ya gw cepet-cepet aja ngambilnya. Lalu siangnya gw telfon Hil untuk tanya gimana perkembangan belajar tadi.

Kata Hil sih awalnya Senja malu-malu, tapi terus akhirnya mau sama si ibu guru. Misalnya, Senja mau berdua aja bikin album foto, diajak cuci tangan berdua sama gurunya juga mau. Tapi giliran aktivitas makan bersama yang mesti duduk bareng anak-anak lainnya, wuidih, langsung mengkeret dah tuh. Atau kalau pas mesti nyanyi bareng yang gandengan tangan sama yang lain gitu, wah, lupakan saja :)

Nah kalau kayak gini jadinya gundah gulana deh. Pilih TK Mini atau Bona ya? Tanya Senja aja deh :)

No comments: