Wednesday, January 26, 2011

Review TK Mini Cipinang Indah


Meskipun belum terlalu jelas kapan sebetulnya Senja akan sekolah, survei ya boleh aja lah ya. Namanya juga memuaskan rasa ingin tahu.

Survei pertama dilakukan ke TK Mini Pak Kasur di Cipinang Indah. Sehari sebelumnya gw udah janjian sama orang sekolah, dan bilang kalau gw mau berkunjung. Bukan trial, karena Senjanya nggak ikut. Gw pingin pemanasan dulu dong di sana. Liat-liat suasana.

First impression, seperti ketika gw-Hil-Senja pertama kali liat TK ini, oke aja. Ini tipe old school gitu deh. Tapi asik karena halamannya luas, trus di sana ya standar lah, banyak sarana mainan gitu.

Mula-mula heran juga pas nyampe di TK ini. Kok nggak ada suara keramaian anak-anak yak. Sepi-sepi aja. Padahal itu udah jam 9 lewat, dan jam belajar hari itu tuh jam 9-10 (kelas Parkit alias Playgroup). Pas gw mau ngintip ke ruang kelas, eh Pak Adminnya muncul. Jadilah gw dan Hil bergerak ke ruang admin untuk tanya-tanya.

Sementara gw tanya-tanya, Hil ngecek ke kelas dan foto-foto serta ngintip-ngintip. Muridnya berapa coba. Empat. Hiyaaahh empat doang! Widih keren amat. Ternyata kata si bapak admin, belakangan mereka makin sulit mencapai target maksimal 10 anak per kelas. Jadilah ini mengapa satu kelas Parkit ini hanya 4 orang. Oya, untuk kelas Parkit ini, kelasnya berlangsung 2x seminggu @1 jam.

Dari segi admin, yaaa lumayan lah harganya. Dibandingkan tahun lalu, naik 150 ribu. Untuk tahun ajaran 2011/2012 ini misalnya, uang masuknya itu sekitar 4 juta untuk setahun, lalu uang sekolahnya 200-an ribu gitu per bulan. Udah tuh nggak ada duit apa-apa lagi. Akan ada seminar dan rekreasi. Yang seminar, free buat ortu, yang rekreasi free buat anaknya. Kalo ada pengantar ya bayar lagi.

Informasinya kurang lebih ada lah di websitenya. Ini dia yang membuat gw suka sama TK Mini: websitenya informatif. Coba aja bandingin sama sekolah lain, widih, ini mah top!

Abis itu ngobrol sama Ibu Sofi, salah satu guru, soal materi pengajarannya. Secara gw dulu anak TK Mini Pak Kasur juga, yaaa kurang lebihnya sih tau. Ngajarinnya pakai nyanyi. Bertahap. Konsep utamanya adalah belajar sambil bermain, bermain sambil belajar. Gak diajarin bahasa Inggris, pengantar full bahasa Indonesia. Kenapa? “Kata Pak Kasur, kita kan hidup di Indonesia, jadi ya pakai bahasa Indonesia saja,” gitu kata Ibu Sofi. Nah itu baru top, bener tuh.

Satu hal yang unik dari sekolah ini adalah karena ortunya diperbolehkan masuk, sampai kapan pun. Setau gw biasanya hal kayak gini tuh dibatesin, dengan alasan membangun kemandirian si anak. Tapi kata Ibu Sofi, yang penting anaknya nyaman dulu sama situasi sekolah. Karena bagaimana pun juga, perlu transisi dari rumah ke sekolah. Dengan orangtua atau pendampingnya ikut ke dalam kelas, proses transisi diharapkan lebih mudah. Spare waktunya dikasih sampai 3 bulan. Tapi kalo si anak belum nyaman, ya udah cuek aja.

Setelah puas tanya-tanya, gw dan Hil diperbolehkan masuk ke dalam ruangan kelas. Kelasnya lega, tambah lega karena muridnya cuma 4 hihihi. Di dalam kelas ada satu ibu yang nemenin anaknya. Tiga lainnya sih sendiri. Guru yang bertugas tadi tuh ada 3, termasuk si Ibu Sofi. Widih, mewah dongs, 4 murid dengan 3 guru, hihihi.

Kalo menilik dari obrolan seputar materi kelas Parkit alias Playgroup, kayaknya sih Senja udah bisa dan udah pernah belajar juga. Mengenal huruf, misalnya, Senja kan udah tau. Yang perlu di-boost memang kemampuan sosialnya. Tapi yaaa santai-santai aja lah. Kalaupun dia pemalu, kan gapapa juga.

Tapi apakah Senja akan segera masuk ke sana? Itu lain lagi. Dari segi harga, yaaaa oke lah. Mayan juga tuh 4 juta di awal, amboy! Dari segi jarak, deket lah. Pasti harus naik bajaj atau ojek siy. Mungkin harus jalan dikit kalo pas pulang, atau ya telfon Pak Hotib minta dijemput sama ojeknya.

Overall, sekolah ini oke. Hil suka karena ada nuansa ‘cutting edge’ di situ. Secara ini TK terasa kuno, kalo dibandingkan TK-TK lain yang lebih modern tentunya. “Suatu saat TK kayak gini bakal punah. Kalau Senja sekolah di sini, paling enggak kita membantu memperpanjang umur sekolah asik kayak gitu.” Mulia sekali kan jawaban Hil.

No comments: