Friday, June 3, 2011

Mempercepat Sekolah

Tampaknya Senja akan dipercepat untuk sekolah. Ini ada hubungannya dengan gw ke Australia.

Jadi begini. Kelas musiknya Senja akan berakhir di akhir Juli. Trus Agustus udah nganggur dong. Sementara Agustus itu bulan puasa, bulan lemes buat si Ibu yang akan jagain Senja. Trus Agustus gw akan ada di Australia. Bahaya tuh.

Lalu gw ngobrolin sama Hil, apa sebaiknya sekolah Senja dipercepat aja ya? Biar Senja ada kegiatan, gak kebanyakan bengong trus inget gw gituh *cie* Kalau dia ada kesibukan sekolah, ketemu temen baru, ketemu guru baru, mudah-mudahan kan akan ada excitement baru. Iya sih Senja sampai sekarang ngakunya gak mau sekolah karena gak mau ada anak-anak lain, tapi kan sebener-benernya ini bukan berarti dia gak mau sekolah.

Hil setuju. Kata dia, Senja sekarang perkembangannya juga pesat banget. Kalau gak disambut dengan kegiatan di sekolah, kayaknya kok sayang.

Oke deal. Tapi sekolah apa dan di mana nih?

Kalau menilik usianya, maka ini masih masuk masa Kelompok Bermain alias Playgroup. Sejauh ini sekolah yang gw incer memang ada playgroup-nya, yaitu TK Mini dan Sanggar Bona. Gw udah pernah liat di kedua sekolah, tapi Hil baru liat yang di TK Mini. Kalau dari review yang gw cari di internet, dua-duanya serupa lah, sama-sama dapat review positif dari ortu muridnya.

Sekarang harga. Lalu gw dan Hil membandingkan biaya sekolah di TK Mini dan Sanggar Bona, keduanya dalam skema 1 tahun. Yang dihitung berarti uang pangkal, uang bulanan, uang kegiatan, uang seragam plus transport dalam setahun. Kalau cuma ngeliat dari uang pangkal sih rasanya si Sanggar Bona jauh lebih murah ketimbang TK Mini. Tapi setelah ditotal dengan lain-lainnya, ternyata sebelas-duabelas aja tuh sama TK Mini. Keduanya kira-kira menghabiskan Rp 7 juta untuk setahun. Not bad ketimbang Putik, yang 7 juta itu ya belum nyampe mana-mana, hihihihi.

Karena dari segi harga mirip-mirip, berarti tinggal ngebandingin on-site aja. Besok nih? Hajar bleh.

No comments: