Sunday, March 13, 2011

Tantrum

Gw rasa Senja sekarang punya kecenderungan tantrum. Kalau baca di internet, tantrum itu biasanya di anak usia 2-4 tahun. Karena energi tinggi, keinginan banyak, tapi vocab terbatas, jadinya suka susah mengungkapkan apa yang dia mau.

Biasanya Senja mulai ngamuk itu kalau ada keinginannya yang gak dipenuhi. Sepele. Dia maunya jalan sendiri, bukan diangkut alias digendong. Padahal saat itu dia lagi lari-lari, dalam kondisi badan basah abis mandi. Karena khawatir kepeleset, ya diangkut.

Atau kejadian lain lagi. Abis mandi sore, dia maunya pakai piyama. Hil bilang, ini belum mau tidur, jadi pakai baju biasa aja. Ya udah abis itu mulai ngamuk. Maunya pakai piyama. Kalau diambilin piyama, ya belum tentu trus diem. Nanti diambilin piyama yang satu, dia akan ngamuk lagi sambil bilang,”Aku maunya piyama yang lain.” Trus ntar diambilin yang lain, dia akan ngeyel lagi.

Atau misalnya dia abis salah ngelempar-lempar barang di sebelah, trus gw angkut ke kamar. Gw bilangin dengan nada datar kalau itu tidak baik, dan Senja nggak boleh ulang. Kalau diulang lagi, ya gw angkut lagi ke kamar dan gw bilangin lagi. Biasanya di saat itulah dia akan mulai ngamuk. Kalo lagi ngamuk ya jadi mengada-ada gitu. Pesawat mainannya jatoh, maunya gw yang ngambilin. Udah gw ambilin, dia maunya gw berdiri. Gw udah berdiri, dia maunya gw gak nempel tempat tidur. Gw udah gak nempel tempat tidur, dia maunya digendong. Haddeeeeehh..

Kalau dia udah mentok, maka dia akan bilang,”Maunya sama Ibun.” Padahal di saat itu misalnya dia lagi sama Hil dan gak diapa-apain. Jadi ya mestinya dia mau aja dong sama Hil. Kalau trus gw datang, maka ya lagi-lagi belum tentu Senja akan tenang. Ada aja maunya dan dia selalu akan mengawali dengan,”Aku maunya...”

Kalau udah gini biasanya gw dan Hil gak ngapa-ngapain. Gw bilang sama Senja, kalau kita akan tunggu sampai Senja tenang. Kalau Senja terus merengek, tidak ada yang mengerti Senja maunya apa. Dan bahwa tindakan itu jelek.

Anteng? Belum tentu. Bisa jadi dia tambah ngamuk karena dia tau dia gak didengerin. Jadi ya ditunggu aja sampai tenang. Caranya? Didiemin. Apakah Senja diem? Ya nggak dong.

Biasanya badai akan berlalu setelah 15-20 menit. Setelah itu ya anteng aja. Sekali waktu pernah abis ngamuk gitu, Senja ya anteng aja dengan suara yang baik gitu mau ngerjain apa yang dari tadi dia tolak. Atau trus ketiduran setelah tenang, lalu gw ajak bicara soal apa yang tadi membuat dia ngamuk.

Rasanya Senja nggak pernah ngamuk gitu kalau lagi sama bokap-nyokap atau si Ibu. Menurut gw sih wajar aja, karena Senja cenderung diikutin maunya demi menghindari konflik berkepanjangan. Atau cara klasik, sesuatu yang bikin Senja rewel itu diumpetin. Atau cara klasik lainnya, mengalihkan perhatian Senja ke sesuatu yang lain.

Kami gak pingin begitu aja. Kami pingin Senja belajar sebab-akibat. Kalau melempar barang, akibatnya dimarahin. Kalau memukul orang, akibatnya dihukum. Karena sebelumnya kita juga udah ngasih tau ke dia kalau hal-hal tersebut gak boleh. Dan dia tau itu, keliatan kok dari matanya kalau Senja ngerti ketika dikasih tau sesuatu. Cuma ya suka ngeyel aja. Meskipun lagi dimarahin karena abis mukul, maka ketika gw kasih pertanyaan ‘ya-tidak’ soal ‘apakah memukul itu baik atau tidak’, maka dia akan ngotot jawab ‘baik’, karena dia tau itu bukan jawaban yang gw mau.

Gw masih akan mencari lebih banyak informasi seputar gimana ngatasin dan menghandle anak ngamuk kayak gitu.

No comments: