Tuesday, September 25, 2007

Bumil Terbang di Udara

Seminggu kemarin gw habiskan di Bonn, Jerman. Kebetulan lagi ada workshop DW soal 'Social Security' dan gw disuruh bos gw untuk dateng ke sana. Semula sempet panik, bunting gini apa-apa gak ya? Tapi setelah baca sana sini, rasanya gapapa. Sama dokter gw juga dibolehin aja tuh untuk pergi. Dia malah bilang,"Kurang lama." Iiihhh.

Kalopun lama-lama juga gak mau di Bonn kali. Iya yah gw heran. Mesti dua kali ke kota yang sama di belahan Eropa yang jarang-jarang gw jejaki, kenapa gw mesti terdampar di Bonn? Bukannya gw gak bersyukur, tapi Bonn itu sepiiiihhhh pisan. Kurang cocok lah bagi jiwa metropolis gw, hiehiehiehie...

Cuma seminggu di Bonn setelah menempuh perjalanan belasan jam di udara emang rasanya nyape-nyapein badan doang. Tapi gapapa lah, itung-itung jalan-jalan berdua, bareng si doi, tapi bayarnya satu orang. Eh gak bayar pula, lah wong gw aja dibayarin DW, hihi.

Dari awal gw udah berniat untuk menampilkan diri sebagai bumil sebumil-bumilnya. Maksudnya sih biar ada laki-laki gagah perkasa yang siap sedia menolong setiap saat. Paling enggak naikin koper ke troli atau ke mesin X-ray itu deh. Kan mayan dong ngegotong koper 15-an kilo sendokiran. Ini tambur kan juga udah berat.

Tapi rupanya gw gak tampak bumil. Terbukti di Bandara Soekarno-Hatta pas gw baru mau berangkat. Gw kan dianterin Hil, trus dia sempet masuk dikit ke area check-in, cuma untuk bilang sama petugasnya,"Pak, tolong bantuin angkat koper ya, dia lagi hamil." Udah cuma mau bilang itu. Baik kan. Tapi petugasnya itu yang sedeng.

Dengan tampang bete, sok gak bersalah dan cenderung dongo, dia cuma menatap Hil saat Hil minta tolong itu. Lalu dia mengacungkan tangannya dan berkata,"Iya nih, tangan saya juga lagi sengkle."

Idddiiihhh monyoonggg...

Perlakuan berbeda gw peroleh dari petugas imigrasi, masih dari bandara yang sama. Entah itu petugas emang ramah, ganjen atau mencari medali karyawan terbaik bulan ini, yang jelas dia gembira banget pas meriksa paspor gw. Gw sok ikrib gitu dong, sok nanya-nanya sama dia kenapa sih kalo perpanjang paspor tuh nomornya beda. Iya kan? Merhatiin gak?

Nah setelah dia jawab, dia bolak balik paspor gw. Idih, ade ape ye. Eh lalu dia tersenyum dan nyalamin gw,"Selamat ulang tahun dulu deh, ntar kan ulang tahunnya di sana." Hayyayayahhh.. Gw amazed pisan dong. Abis itu bla bla bli bli, dia nanya-nanya lah, udah berkeluarga atau belum. Hehe, gw masih suka grogi kalo ditanyain gitu. Kesannya gimanaaaa gitu... (baca: kesannya gw tuwir abis huh).

Trus dia nanya,"Udah punya anak?" Lalu gw jawab,"Ini." sambil nunjuk perut gw. Padahal kan dia juga gak liat ya, karena dia di balik counter atau meja tinggi gitu. Eeehh abis itu gw langsung disalamin lagi sama si petugas imigrasi. Haduuuuhhhh.. mengharukan sekali....

Di Bandara Schipol, Amsterdam, kayaknya gw gak ketara sebagai bumil. Kayaknya lho nih. Soalnya gw dibiarin aja masuk pintu X-ray itu. Sementara di Bandara Koln/Bonn, petugasnya mengenali gw sebagai bumil. Akhirnyaaaaa... Dan gw pun dibebaskan gak lewat pintu X-ray, tapi cuma digrepe-grepe sama petugas yang perempuan.

Sampe di Jakarta lagi, gw teteup gak dikenali sebagai bumil. Gw sempet was-was, karena pas mau ke pintu keluar, yang di 'no goods to declare' itu lho, kan gw mesti angkat koper lagi ke atas mesin X-ray untuk diperiksa terakhir kalinya. Sejatinya gw bawa Kolsch di dalem koper yang gak gw declare, takut diminta. Sempet degdegan juga, nah lho ntar kalo ketauan di itu mesin gimana yak...

Tapi dasar petugas Indonesia pada males-males. Koper gw, juga penumpang-penumpang yang lain, gak ada yang diperiksa satu pun. Cuma handbag-nya doang. Itupun udah digusrah-gusrah disuruh cepet. "Udah, kopernya gak usah. Tas kecilnya aja."

Laaahh pegimana iki Pak. Kalo ada yang bawa narkoba gimana hayoooo...

No comments: