Wednesday, September 26, 2007

Berjalan Kaki dan Minum Air Itu Sehat

Selama di Jakarta, gw rasanya malessssss banget jalan kaki. Selalu ada bawaan bawah sadar kalo gw bakal over-exhausted, keringet dingin karena kecapean dan pantat pegel-pegel kalo jalan kejauhan. Itu insting bawah sadar aja, menghalang-halangi niat baik gw untuk jalan kaki.

Padahal petuah untuk jalan kaki dateng dari mana-mana. Mbak Eni Mulia, misalnya. Dia pernah menasihati gw untuk sering-sering jalan kaki, gak ngendon doang di meja. Karena itu somehow bakal jadi exercise yang bagus buat bumil, sehingga kelak lebih mudah ketika melahirkan. Dia pun memberi contoh,"Dulu saya waktu ngelahirin Angga sampai 23 jam lho!" Nah lho. Amit-amitttttt jangan sampe gw segitu lama daaaahhh...

Nah, selama gw di Bonn seminggu kemarin, gw jalan kaki dengan suksesnya. Meskipun pas di awal-awal gw sempet parno. Soalnya gw ngeriset, jarak antara Hotel Aigner yang gw tempati dengan stasiun kereta api (bahnhof) terdekat adalah 800 meter. He? 800 meter??? Itu mah ampir sekilo bukan??? Hhuhuhuhu... Apalagi dari Heussalle Bahnhoff sampai ke DW itu mesti jalan lagi. Seinget gw sih lumayan jauh, meskipun rindang-rindang gitu jalanannya. Tapi ya teteup aja bikin parno.

Untung aja keparnoan itu gak menemukan jawabannya. Kirain tadinya untuk ke DW itu harus naik kereta dari Bonn Hauptbahnhof alias Bonn Central Station. Ternyata ada tapsiun kereta yang lebih deket, yaitu Stadthaus. Amiiinnn halelujah. Dan itu jarak perjalanan kakinya, bahkan dengan gw yang bumil, paling 5-10 menit. Asik dongggss.. asiiikk....

Karena kebiasaan bulai-bulai Eropa ini demennya jalan, jadilah gw juga mesti ngikut toh. Yang bikin sial kalo pas barengan jalan sama bule Jerman yang jalannya cepet. Huh kan gw ngos-ngosan. Temen-temen gw sesama partisipan workshop DW sih pada baik hati. Every now and then mereka pasti nanyain ke gw,"Citra, are you allright?" yang tentunya gw jawab dengan wajah riang,"Don't worry!" sambil diem-diem colongan ngos-ngosan... hihihihihi...

Untungnya lagi, selama di sana gw jadi sering minum air putih. Gak ada dorongan mendesak atau hasrat bergejolak untuk minum manis, seperti yang selalu gw alami di sini. Entah kenapa ya. Gw gak keberatan aja untuk minum air, entah itu mineral water, sparkling water atau tap water. Semuanya oke aja. Tadinya gw agak serem (dan gembira) ketemu sparkling water karena agak-agak ada rasanya manis tapi juga bersoda, tapi setelah gw baca buku, rupanya tak mengapa minum sparkling water. Yihaaaa...

Nah sekarang udah sampe di Jakarta lagi kan? Kenapa yah kebiasaan malesssss jalan kaki dan minum air putih kembali muncul? Huhuhuu. Cuma untuk ke Indomaret seberang kantor aja rasanya mualues pisan. Padahal tinggal sepelemparan tisu gitu.

Untuk urusan minum air, gw mencoba menyiasati dengan langkah bodoh. Jadi, pas di Bonn itu kan gw punya botol air minum. Beli di toko doang, harganya gak sampe 1 euro, merknya Vittel, ukurannya 0.75 liter. Nah itu botol gw bawa pulang dan tadi di kantor gw isi penuh dan minum seharian. Sukses! Ih gak ngira. Gw begitu mudah dibodohi diri sendiri... masa cuma gara-gara bawa botol yang sama gw jadi mau minum air?

Tinggal jalan kakinya aja nih yang mesti disiasati. Apalagi Hil langsung buru-buru pengsan tiap kali gw sok inisiatif ngajak dia jalan pagi, hihihihihi...

No comments: