Monday, July 30, 2007

Selamat Datang Pelangi

Hari Sabtu, jam 23, gw lagi leyeh-leyeh di kamar bareng Hil, tiba-tiba ada telfon di HP gw.

"Mbak udah di RS yah. Udah mulai kontraksi."

He? Kontraksi? Yaaa ampyuuunn.. doi dah mau melahirkan nih? Huaaaa...

Lalu kemudian gw tergopoh-gopoh ke sebelah, ngabarin bokap nyokap gw. Untung mereka juga kalong-an, jadi masih pada bangun. Grogi dikit, abis itu mereka berdua langsung hap hap hap siap-siap. Nah gw bingung deh. Gw ikut gak ya? Soalnya kebuntingan gw suka norak, ntar gw suka merasa lemah secara fisik lah dll, atau tiba-tiba pusing tanpa bisa minum obat. Gw ngeri itu kambuh aja. Apalagi ini udah jam 23, udah mestinya gw tidur bla bla bla.

Baiknya sih ngajak Hilman turut serta. Tapi pan Hil itu kerja Minggu pagi, masuk jam 6 pula. Waduh, bisa gaswat ini.

Tapi demi memenuhi rasa excitement dan panggilan tugas sebagai tukang poto keluarga, maka gw putuskan untuk ikut bokap nyokap ke RS IMC Bintaro, tempat kakak gw akan melahirkan kelak. Hil diserahi tugas besar untuk jaga rumah (sambil tidur tentunya, hihihi) karena Minggunya masuk pagi.

Ok sip. Ayo kita berangkat.

Hmmmm.. Bintaro jauuhh ya boooo.... Biar kata udah malem juga...

Sampe di RS IMC, kakak gw udah meraung-raung di atas tempat tidur. Monyong. Dikira itu gak bikin gw jiper apa? Huh. Yudhinya sih terlihat tenang-tenang saja, tapi kakak gw udah nelangsa. Apalagi pas di tengah-tengah doi ngeden gitu eh dia pengen pipis. Pipis doang sih gapapa kali ya, pasti gak asik kalo tiba-tiba pengen boker, hihihihi...

Abis itu gw dan nyokap nunggu di ruang tunggu, sementara kakak gw dan Yudhi di ruang persalinan. Bokap gw ngobrol sama nyokapnya Yudhi, obrolan antar besan yang tentunya males gw timbrungi lahhh... Gw tenang-tenang aja baca buku saktinya Mbak yang 'What to expect when you're expecting' itu.

Gak lama, kok kayak ada suara dokter ya di dalam ruang persalinan? Nah abis itu nyokap gw langsung masuk deh ke dalam ruang persalinan. Gw pengen banget masuk sih, tapi takut diusir sama dokternya. Kali-kali aja keramean gitu. Padahal sungguh gw ingin memotret, memvideokan dan merekam suara selama proses melahirkan itu... huhuhuhu... Kan tentunya sulit melakukan itu semua pas gw-nya yang melahirkan, hihihi...

Gw sok cool aja di luar. Udah clueless juga. Jam 1 pagi cing, bengong-bengong wae. Tidur susah, ngobrol sama tembok. Ya udah dokem-dokem wae. Lantaran bosen, gw nguping di pintu aja. Lagi ngapain yak di dalem? Lho, ini kok kayaknya suara dokter mulai banyak ngasih perintah anu itu yak? Wah keliatannya semakin seru di dalam.

Nguping punya nguping... eh itu suara bayi bukan ya? Tapi kok kayak bercampur air gitu? Kayak bayi nangis tapi kelelep. Eh kok serem ya? Tapi ya gitu deh. Trus gw kasih kode ke Papah, minta dia mendekat. Mestinya kan dia punya lebih banyak pengalaman berhadapan dengan suara tangis bayi dong. Eeehhh bener aja...

Gak lama ada suara tangisan bayi kenceeeengggg bener dari dalam ruang persalinan...

Huhuhu.. terharuuu... Kakak gw jadi emak, gw jadi tante... Ooohhh... *bercucuran air mata*

Gw langsung SMS Hil, dan tante-tante gw demi menyebarluaskan kabar gembira. Widih, mantep nih.

Setelah suasana di dalam ruang persalinan agak tenang, baru deh kita semua masuk. Kakak gw udah lega plus kecapean, dan siap 'ngojok-ngojokin gw',"Abis ini giliran elu deh." Huhuhuhu, iyaaa tauuuu.... Trus bayinya dibawa ke kakak gw, udah dibedong, trus dikasih liat doang ke dia, lalu langsung dibawa ke inkubator. Gw nanya sih, kok langsung dibawa ke inkubator. Tapi pertanyaan gw kayaknya dianggap angin lalu, bak datang dari seorang perempuan bau kencur yang gak tau apa-apa. Monyong.

Di ruang persalinan itu akhirnya ditentukan nama si bayi. Pelangi. Tadinya, kalo anak itu laki-laki akan dinamai Samudra, kalau perempuan Pelangi, kalo gak jelas jenis kelaminnya (gak keliatan dari USG gitu) maka namanya adalah Bumi. Karena udah jelas dari awal itu anak perempuan, maka ya sudah, Pelangi. Udah itu aja namanya. Pelangi. Kakaknya Pelangi namanya Rain. Pas dong, abis ujan kan ada pelangi...

Setelah urusan persalinan beres, kakak gw pun pindah ke kamarnya dalam keadaan letih lelah ngantuk dan sebagainya. Gw juga udah mulai keliyengan. Pengen tidur tapi gak ada tempat rebahan. Ngobrol sekalimat dua kalimat trus gak nyambung. Sebelum tambah ngantuk, gw pergi aja ke tempat inkubator dan memvideokan menit-menit pertama kehidupan Pelangi.

Ah senangnya.

No comments: