Tuesday, July 17, 2007

Laki-laki atau Perempuan

Tadi seorang nanya sama gw,"Udah ketauan belum Cit, laki-laki atau perempuan?"

Wah. Secara gw melulu gak siap ditanyain seputar kehamilan, jadilah gw bilang,"Ah yang penting mah jadi aja dulu."

Kalo diliat dari segi normatif, ya iya dong bener. Yang penting kan jadi bayi yang bener aja dulu, entah dia mau jadi laki atau perempuan. Itu mah suka-suka Tuhan aja, kita ya terima ajah.

Secara pribadi, mungkin deg-degan juga kali ya menjawab pertanyaan kayak gitu. Ngeri terjadi sebaliknya aja. Kan kasian bayinya, kalo kita ngarepin laki-laki, tapi terus keluar perempuan (atau sebaliknya). Ntar si bayi tertekan, ah gw gak diharapkan. Kan kasian dia.

Kalo gw tanya Hilman, dia pasti nanya balik ke gw. Jadilah kita sama-sama gak punya jawaban, mau laki-laki atau perempuan. Sok aja atuh, hajar bleh cing. Paling ntar kita bingung kalo ditanyain dokternya apakah kita mau tau soal jenis kelamin si bayi atau enggak. Kalo dokternya main ngomong aja siy kita gak keberatan, hihihihi...

Dulu nyokap pernah cerita, di India itu dokter dilarang keras untuk ngasih tau jenis kelamin bayi yang dikandung. Ada hubungannya sama 
urusan keluarga besar. Takutnya kalo ngasih tau perempuan, si anak jadi tidak diinginkan lalu diaborsi. Nah itu gak bener dong. Gw pernah baca juga di majalah, ada seorang suami yang begitu pingin anaknya perempuan. Sementara bayi di kandungan istrinya ya laki-laki. Jadilah tiap ke dokter, si suami nanya,"Anak saya laki atau perempuan?" dan si dokter menjawab "Anak Bapak masih laki-laki." Hihihi, dudung kan.

Nah gw tidak ingin membebani bayi gw dengan keinginan-keinginan jenis kelamin macam begitu. Netral aja. Dia bayi, udah itu dulu. Lagian kalo di bahasa Inggris aja bayi kan dibahasakan sebagai 'it', dan bukan 'he' atau 'she', jadi ya netral aja doongs...

No comments: