Wednesday, May 2, 2007

Memilih Rumah Sakit dan Dokter

Pemilihan rumah sakit, bagi gw dan Hilman, harus mendahulukan aspek geografis. Juga memperhitungkan faktor males enggaknya gw kalo mesti ke rumah sakit itu sendirian. Soal itu rumah sakit umum atau bersalin atau ibu anak, yaaahh itu bisa ntar deh. Yang penting deket. 

Karena rumah kami di Pondok Bambu dan kantor kami di Utan Kayu, maka Jakarta Timur jadi pilihan yang tepat. Deket rumah, ada Yadika. Deket kantor, relatif lebih banyak pilihan. Ada Carolus, ada Mitra 
Keluarga, ada Thamrin, ada Evasari, ada Dharma Nugraha dan sebagainya.

Carolus, biasa aja sih. Cuma rame dan redupnya itu bangunan bikin suasana spooky banget. Mitra, mahal ah. Meskipun asuransi kantor gw termasuk 
Mitra, tapi kan untuk melahirkan cuma ditanggung sepersekian. Evasari, gak tau deh, gak asik aja dari luar karena riweh. Gile, gw judging a book by its cover banget gak sih, kekekekek. Akhirnya setelah pikir-pikir, yaaaa boleh lah kita ke Dharma Nugraha. Kalo pas bareng Hilman naik motor, gampang. Kalo gw mesti sendirian, tinggal naik angkot 24, kayak mau ke kantor. Pulangnya juga gampang. Faktor-faktor begituanlah yang mesti diitung.

Setelah udah rada berbulat hati menentukan Rumah Sakit, mungkin tiba saatnya mencari dokter kandungan. Om gw sih dokter kandungan ya, tapi praktiknya di MMC. Gak 
memenuhi kriteria geografis nih. Coba praktik di Dharma Nugraha atau Yadika, pasti langsung gw samber, hihihi.

Jadi, yaaa kita manfaatkan sahabat setia Tante Googlita untuk mencari tau soal dokter kandungan yang asik. 
Sebetulnya gw juga gak tau sih kriteria apa sehingga seorang dokter kandungan bisa disebut 'asik'. Karena informatif buat yang satu bisa jadi gak informatif buat yang lain. 'Enak' kan sangat subyektif gitu lhow. Tapi karena gw bingung menggoogle dengan kategori apa, jadilah gw google saja "dokter kandungan
yang baik". Hehehe, kategorinya malah makin sumir gak siiiyyy...

Dari penelusuran itu, gw ketemu situs ini. Mestinya siy bakal banyak gw pakai kelak, esok lusa, di hari-hari mendatang. Dari situ juga 
ada daftar dokter-dokter, per wilayah pula. Ih mantep banget. Gw bangga deh sama ibu-ibu hamil sebelumnya yang niat banget berbagi informasi kayak begini. Lumayan kan gw bisa nanggok, hihihi..

Dari situs itu juga gw menemukan ada semacam black list untuk dokter kandungan. Misalnya untuk dokter yang serta merta menyarankan operasi Caesar dan bukan melahirkan normal, atau langsung ngasih susu formula ke bayi yang baru lahir, dan yang lainnya. Gw sih ngangguk-ngangguk sendiri aja pas baca informasi itu. Sekarang aja gw udah lupa nama-nama dokter yang masuk daftar black list itu. 

Baru baca-baca dikit aja udah bikin gw bingung. Apa iya gw mesti ngejar dokter atau rumah sakit yang direkomendasikan banyak ibu hamil sebelumnya? Gile aje. Kalo di Karawaci gimane? Yang ada mah gw keburu brojol di jalan. Atau pengsan kebosenan dalam perjalanan.

Jadi kuncinya tawakal aja. Dan mempertahankan aspek geografis sebagai faktor utama dalam menentukan dokter dan rumah sakit, hihihi.

No comments: