Wednesday, January 26, 2011

Review TK Putik Duren Sawit

Target selanjutnya dalam survei sekolah buat Senja adalah TK Putik. Ini TK udah gw incer sejak lamaaaaaa banget. Gw lupa gw lagi nge-google apa, sehingga akhirnya gw sampai di website sekolah ini. Websitenya oke juga, banyak narasi seputar apa kegiatan di sana, meski gak dilengkapi dengan biaya, hihihi.

Kesan yang didapat begitu masuk ke TK Putik ini lebih modern. Warnanya nuansa kuning dan ungu. Di depan pun ada satpam. Gw masuk harus ngisi buku tamu. Serius lah. Abis itu gw diterima di ruang adminnya. Ruangan bernuansa oranye yang adem pakai AC, bersih, ya layaknya kantor gitu lah, tapi pakai hiasan ala anak-anak.

Konsep yang ditawarkan di Putik ini ada dua hal yang menurut gw istimewa. Pertama, karena materinya. Putik tuh bikin tema per bulan. Jadi misalnya lagi tema profesi, ya sebulan itu nguprek-nguprek soal profesi itu. Akan ada outing per bulan, sesuai tema bulanan. Misalnya ke kantor pemadam kebakaran, atau ke tempat dokter gigi.

Selain itu, di Putik diajarkan budi pekerti. Misalnya, gimana cara nolak temen yang mau pinjem mainan kita. Atau gimana cara rikues ke temen kalo kita pingin pinjem mainan temen. Aplikasinya, Putik bikin juga outing berkunjung ke rumah temen. Dengan begitu anak bisa belajar, gimana cara jadi host yang baik serta gimana cara jadi tamu yang baik.

Konsep kedua, anak ditangani secara individual di sana. Karena itulah, anak bisa masuk kapan saja ke TK Putik. “Nggak harus nurutin tahun ajaran baru, terima bulan Juli gitu,” kata si mbaknya, lupa namanya euy.

Kalo ngeliat lembar informasi umum dari TK Putik, ya keliatan lah kelasnya sekolah ini. Dia menghighlight kelas yang lengkap dengan sarana audio-visual, pakai lantai parket, full AC, terus dia punya playground yang peralatannya impor, dia bikin furniture sendiri dll. Niat banget lah gitu. Putik juga menyediakan antar jemput, ntar rumah si anak disurvei dulu untuk menentukan biaya antar jemputnya berapa.

Abis itu gw minta untuk bisa liat kelasnya. Karena ini tuh aslinya adalah rumah yang dimodif jadi TK, jadi kelas-kelasnya tuh ada di bagian dalam. Ada kelas Dede, kelas Adik dan lainnya. Kelasnya juga gak terlalu besar. Kata si Mbak, maksimal satu kelas itu 15-20 orang, dengan 2 guru dan 1 pendamping. Pendamping ini tugasnya nemenin si anak kalo mau pipis misalnya, sehingga guru tetap ada di depan kelas.

Pas masuk ke dalam, Hil mau motret. Eh gak boleh ternyata sama si Mbak. Huhuhu.

Pas kita ke selasar ruang-ruang kelas, lagi-lagi kerasa lah ya bedanya sama TK Mini. TK Mini ini sangat sederhana, secara itu memanfaatkan bangunan tua. Sementara TK Putik ini lebih modern lah. Lalu gw ngintip kelas Adik (usia 3-4 tahun, 3x seminggu @2,5 jam). Rupanya mereka lagi tema bangunan untuk bulan ini. Jadilah anak-anak ini bawa kayak replika bangunan gitu, dibikin dari untel-untelan kertas koran. Wah Senja pasti demen nih kayak beginian. Lalu di halaman belakang itu ada playground. Gak terlalu luas, tapi sedeng laahh.

Abis itu baru deh tanya soal biaya. Di lembar informasi umum soal TK Putik, di salah satu poin disebutkan kalau menyekolahkan anak di Putik adalah “great value of money”. Oke, pertanda mahal makin jelas. Sebelumnya pun kalau menjelajah emak-emak yang lagi nyari sekolah buat anaknya dan menjajaki Putik, maka salah satu komentar paling umum adalah: Putik itu mahal.

Oke, mari kita buktikan. Untuk tahun ajaran 2011/2012, uang masuk 8 juta, lalu uang sekolah 700 ribu per bulan. Sementara untuk TK, uang tahunan yang berlaku selama 2 tahun adalah, jreng jreng... 17 juta! Glek. Yak betulan mahal, hihihi.

Berbeda dengan kunjungan sebelumnya ke TK Mini Pak Kasur, kali ini Hil gak nanya apa pun di TK Putik. Dia membiarkan gw aja yang nanya. Tugas dia memang foto siy, eh ternyata di Putik gak boleh foto-foto di dalam. Ya sudah. Tadinya gw duga Hil gak banyak komentar karena jiper duluan sama harga, sehingga jadi gak tertarik di Putik. Ternyata dia suka Putik, karena bisa nerima anak kapan aja. Anak pun gak mesti naik kelas setelah 1 tahun, bisa aja delay atau justru lebih cepat. Itu memang menarik.

Tapi kok ya mahal yaaakk, huhuhu.

3 comments:

Anonymous said...

mahal sekali.

della said...

mbak, aku udah baca review soal sekolah Putik yg mbak tulis di tahun 2008, di akhir 2010 saat aku hunting sekolah juga :)

walau review pertama sangat menekankan "mahal!", aku nekat juga mengajak suami+anak untuk trial di Putik Cinere, Dec 2010.

begitu masuk si aku uda bilang, jangan pingsan ya ntar pas dikasi tau harga karena model bangunannya aja sekelas CIKAL gini.. dan memang benar ya, begitulah adanya..

tapi apa daya suami sudah jatuh hati dengan guru2 yg care, ruang hijau luas tapi kelas AC, dapet makan, penanganan personal, dll dll

jadilah saat kesempatan promo datang (lagi, yg Dec 2010 ga jadi saya ambil krn masi pikir2) saya langsung booking 500rb.

Beda cabang beda harga mungkin ya..
Di Cinere kelas 2-4 tahun Yearly fee 7jt (promo 5jt) dan monthly 700rb (promo 600rb).
untuk TK Reg. fee 14jt (promo 12jt) dan monthly 800rb (promo 700rb). Yang lebih melegakan itu Yearly bisa dicicil (waktu Dec bisa cicil 5x, sekarang hanya 3x hiks!)

Putik kelihatannya memang bukan sekadar sekolah, tapi komunitas.. karena anak, sekolah, dan kita mommy+daddy nya ditekankan harus sejalan.

Coba mbak datang ke acara Ayah Bunda tgl 26 ini di Kelapa Gading, moga2 ada promo yg manfaat :)

marlet said...

menambahi lagi mba ... (maaf yak)

aku juga jatuh hati ke putik. huhuhuhu .... anakku jg pas prtama trial lgsg ikut aja tuh maen2 aer. gurunya jg ramah. dan saya cukup tertarik dengan sopan santun dari salah satu anak yang menghampiri kami. dia memperkenalkan namanya, menanyakan nama kami, wahhh,,, kagum banget ... pdhal pas ketemu mommy nya duhh ... jutek kok yak :D