Thursday, February 25, 2010

Hampir Ditipu

Siang-siang, gw lagi di kantor, terima telfon dari HP-nya si Ibu. Mbak Ika mau ngomong, kata si Ibu.

Lalu, datanglah kabar itu. Ada yang nelfon ke rumah, bokap kecelakaan. Disuruh segera datang ke UGD MMC.

Ah ini tipuan biasanya, kan? Tapi..

Informasi selanjutnya dari Mbak Ika, dokternya ngasih nomor telfon, katanya minta dihubungi. Namanya Antono Salim.

Di situ gw agak bingung dengan cerita si Mbak Ika. Singkatnya, ada orang nelfon ke rumah, ngabarin kalau bokap kecelakaan. Lalu si orang itu minta supaya Mbak Ika menghubungi nyokap, ngasih tau kabar itu, skaligus ngasih tau nomor HP si Antono Salim itu.

Gw yang semula mikir ini penipuan, jadi pikir-pikir. Jangan-jangan si Antono Salim ini beneran dokter, temennya bokap kali ye. Meskipun rada aneh juga, kok dokternya pake ninggalin nomor HP.

For a moment, gw bingung. Gw mesti curiga dan lempeng aja, atau harus bersedih ya. Yang tiba-tiba terbersit di kepala gw adalah menyesali kenapa tadi pagi gw gak bareng Senja pergi ke teras depan untuk dadah sama bokap-nyokap pas mereka berangkat. Tapi ini beneran kecelakaan atau enggak?

Gw ampir mencet nomor telfon bokap,t api gak jadi. Gw bener-bener masih mikir kalau bokap itu kecelakaan. Jadilah gw nelfon nyokap gw. Gak diangkat-angkat pula. Gw langsung minta Hil siap-siap, naik motor bareng ke MMC. Ujan pula.

Gw tadinya mau nerusin kerja bentar, sembari nunggu Hil kelar rapat. Tapi gimana kalau ini beneran kecelakaan? Masa gw pake nunda-nunda sih? Langsung aja gw izin pamit dari kantor.

Duduk bentar, menenangkan diri, sambil berusaha berpikir jernih. Nelfon Mbak Ika lagi, minta dirinci tadi kejadiannya kayak gimana. Gak ada pembicaraan soal minta duit, seperti modus-modus layaknya. Kecelakaan di Tebet, katanya. Gegar otak. Oke. Tenang. Coba telfon nyokap.

Untungnya berhasil. Fiuh. Dari situ, nyokap bilang,’Kita ampir diboongin. Ini Mamah lagi mau nelfon Papah.’

Brrrrhhh legaaaaaaaaaaa banget rasanya!

Kampret sialan ini Antono Salim. Masuk neraka!

Kalo versi cerita nyokap gw, begini. Setelah si Mbak Ika ngabarin soal kecelakaan, nyokap nelfon nomornya si Antono Salim ini. Bla bla blu blu, ternyata pas di situlah, ada pembicaraan minta duit. Rp 14.700.000,- Aneh banget gak sih nominalnya. Katanya itu untuk beli sesuatu alat yang dibutuhkan, karena bokap gegar otak dan kondisinya kritis. Duit harus ditransfer dalam waktu 20 menit. Nyokap gw bilang, ya lakukan dulu aja tindakannya. Sembari menyuruh si Antono Salim ini menghubungi Om Yon, yang pas banget emang praktik di MMC. Dalam hati nyokap heran, kalau si Antono Salim itu beneran dokter, kan mestinya bilang diagnosisnya. Bicara dalam bahasa dokter gitu. Tapi ini enggak.

Untung banget, pas lagi percakapan itu, masuk SMS dari bokap. Dia nanya, ada apa kok tadi telfon. Wuiiihhh... lega banget! Kalo begitu kan berarti gak ada kecelakaan apa-apa, lah wong bisa bales SMS! Bokap ternyata lama angkat telfon karena lagi ada acara di Depok.

Grrrhhhhh...

Gw gak pernah menyangka bakal jadi sasaran penipuan kayak gini. Fiuuuhh...

No comments: