Wednesday, November 14, 2007

Tur Rumah Masa Depan

Hari Minggu kemarin bener-bener dimanfaatkan secara total oleh kami berdua. Kebetulan Hil bisa libur karena sebelumnya gantiin jadwalnya Iyut. Jadilah kita bisa menikmati hari Minggu seharian penuh, sesuatu yang nyaris gak pernah terjadi *huhuhu*

Sebelum belanja keperluan bayi, kami pergi ke pameran dulu. Pameran apakah itu? Pameran rumah! Huehuheuee.. Aduh, gw berasa jadi orang dewasa banget, kekekekek..

Iseng-iseng berhadiah aja sih sebenernya pergi ke pameran ini. Pengen tau, berapa sih sebenernya harga rumah sekarang. Sanggupkah gw membeli rumah? Kalau iya, maka gw pengen cari rumah yang kayak apa siy? Kebetulan beberapa pekan lalu abis baca tabloid atau majalah gitu yang ngebahas kompleks perumahan di jalur KA Tangerang. Menarik juga. Karena itu gw rada termotivasi untuk melongok ke pameran rumah. Niatnya menilik rumah yang di sekitaran jalur kereta api deh, demi kemudahan di masa mendatang. Kan kita pendukung mass rapid transportation!

Sebelum berkelana ke pameran rumah, beberapa hari sebelumnya sempet sering ngobrol sama Eci soal rumah. Dia juga pengen beli rumah, bingung memutuskan antara Cikarang dan Depok. Bla bla blu blu, adalah satu perumahan yang kemudian kerap disebut-sebut. Seorang temen gw lain di kantor juga ngincer perumahan ini, namanya Grand Depok City. Lokasinya agak familiar dong, Depok gituh. Mudah-mudahan sih deket stasiun.

Okeh. Jam 10-an gw dan Hil berangkat dari rumah naik taksi. Gak mungkin lah naik motor, gw udah gampang tiwas gini. Jam 11 kurang nyampe di JCC, trus melihat-lihat suasana. Biasa, dimulai dengan ambil-ambil brosur sembarang. Gak lama, kita nyampe di stand-nya Grand Depok City. Wah ini dia yang diomongin beberapa hari kemarin. Liat-liat brosur dikit, eh kok banyak juga yah yang ngerubung di stand ini. Emang betulan laris atau pegimana?

Trus ada seorang mas, salesnya GDC ini tampaknya, yang langsung nawarin kita untuk liat lokasi. He? Waduh pan kita baru nyampe ya. Dia melanjutkan, kalo dia nyaranin sih mendingan liat lokasi dulu, abis itu kan balik lagi ke lokasi pameran, bisa nanya-nanya deh. Hm, bener juga. Boleh deh mas! Count us in ya!

Jadilah gw dan Hil, bersama dua pasangan lain, naik ke dalam mobil Kijang yang sama untuk menuju GDC. Semua orang pada sibuk nawarin gw untuk duduk di kursi paling depan. Gw mah ngotot duduk di belakang aja, biar bisa sebelahan sama Hil. Lagian kan garing banget perjalanan jauh gitu gw gak bisa ngobrol sama Hil.

Sepanjang jalan, dua pasangan yang lain sibuk ngobrol. Bukannya gw dan Hil gak mau bergabung lhooo, tapi karena posisi kami yang di paling belakang itu, pasti ribet lah kalo mereka mau ngobrol sambil nengok ke belakang. Jadi gw ya nguping aja. Ternyata mereka udah survei lebih lama ketimbang kami *tentunya* Paling enggak ini terlihat dari bagaimana mereka bisa menjawab saat ditanya,"Mau ambil cluster yang mana?" Gw mah ditanya gitu cuma bisa nyengir. "Saya orang baru, Mas." Kekekekek..

Dari obrolan mereka, gw mengetahui lah bahwa DP-nya itu nol. Nol. Zero. Zonder. Gak perlu bayar DP apa-apa untuk dapetin rumah di GDC. Wah, menarik sekali. Tinggal bayar booking fee aja yang besarannya gak sampe 2 juta. GDC ini cuma kerjasama dengan dua bank, BTN dan Bumiputera. Kenapa ya bisa begitu? Karena GDC gak diminati atau gimana?

Beberapa cluster udah abis terjual. Dahsyat ya. Mereka pun sibuk berbincang tentang rumah yang mereka incer. Sempet minder juga, karena keduanya dengan meyakinkan akan pilih rumah tipe 45. Setiap kali mereka abis ngomong jenis dan tipe rumah, gw dan Hil langsung kasak kusuk ngeliat brosur. Trus mengangguk-angguk penuh kekaguman ketika mata tertumbuk di tabel 'angsuran per bulan'. Ckckckc.. hebat juga ini pekerja-pekerja Bulog dan Dirjen Pajak yak...

Tapi yang gw denger dari Eci, GDC ini gak punya rumah contoh. Alesannya, ya gak dibangun. Gak ada alesan kuat gitu lho. Gw siy jadi rada curiga, meskipun gw juga gatau gimana prosedur di perumahan lain. Bawaan aja. Cie, sok detektif.

Di jalan, begitu masuk perempatan Tanjung Barat, gw langsung berhitung waktu. Masuk perempatan situ jam 11.30, nyampe di lokasi baru sejam kemudian. Widih, jauh juga ya boooo. Macet tak terkira, Margonda gitu lhow. No way out banget.

Pas nyampe di GDC, diawali dengan makan dulu. Akhirnya kita tur tanpa ditemani orang GDC, Ibu Meri, seperti yang dijanjikan. Ya sudah lah, yang penting kan bisa liat lokasi. Kita naik lagi ke mobil Kijang dan berkeliling bersama pak supir.

Dan lokasi yang kita liat ya tanah. Tanah tanah tanah. Si supir sibuk menjelaskan,"Di sini akan jadi cluster Alamanda, di sana Chrysant." Ya ya ya, tapi ini yakin nih tanah doang. Iya sih diajaknya emang liat lokasi, bukan liat rumah; gak salah-salah amat gitu. Tapi masa iya gak ada rumah contoh. Gw tanya sama si pak supir, eh bener emang gak ada. Sayang dia gak bisa menjelaskan kenapa gak ada rumah contoh. Coba kita bareng si Ibu Meri ini, pasti udah gw cecer tuh, hihihi..

Lalu kita berkelana lah dari satu coming-soon-cluster ke coming-soon-cluster yang lain. Tanah tanah dan tanah. Ada sih beberapa yang udah berdiri, itu cluster yang lama-lama, yang di belakaaang banget dan bukan yang dijual saat ini. Lagian kan itu udah rumah orang, masa mau permisi liat-liat rumah dia, kan yang punya rumah ntar bingung, hihihihi.

Perasaan gw siy gak terlalu sumringah ya sama kompleks ini. Gatau kenapa. Mungkin faktor gak ada rumah contoh itu ternyata sebegitu berpengaruhnya. Soal di sana bakal dibangun Waterpark dan segala macem.. ah itu mah jangan dipercaya dulu deh. Belum kejadian, bisa aja cuma speak-speaknya penjual. Lagian kalo menilik tulisan keciiiiiiiil di bagian bawah brosur: brosur ini tidak bisa dijadikan alat bukti promosi. Laah, trus gimana dong. Pan panduan kita cuma janji manis sales dan brosur. Kalo itu gak bisa dipegang, apa dong yang bisa dipegang?

Jam 14-an, kita nyampe lagi di JCC. Gw dan Hil melanjutkan perjalanan sebentar dengan berkelana dari satu stand ke stand lain. Sempet mampir di beberapa tempat, untuk cari pencerahan, sebenernya gimana sih baca tabel-tabel harga itu.

Ada mbak-mbak yang cukup kooperatif. Lupa dari perumahan mana. Dia ngejelasin dengan cukup jelas. Cukup jelas lah bagi kami bahwa butuh uang banyaaaaaaaaak sekali kalo mau beli rumah. Bayangin aja. DP misalnya 40-an juta, dicicil dalam waktu 8 bulan. Abis itu kelar, ada biaya sertifikat anu itu anu itu, entah lah apa kepanjangan dari singkatan-singkatan aneh itu. Kalo bangsa 5 juta aja mungkin masih lega ya, lah ini, ngurus surat-surat itu bisa 13 juta sendiri. Setelah itu semua beres, barulah kita mengikat diri untuk utang jangka panjang, bisa sampe 20 tahun. Fixed rate-nya pun cuma berlaku setahun. Biyoooo biyoooo... Lah ini kapan kita bisa punya rumah yakkk..

Besoknya di kantor gw iseng google lagi soal GDC. Masih penasaran. Semakin dicari, tentu semakin bingung. Apalagi begitu ketemu situs ini, yang isinya komplen soal GDC. Belum lagi nemu surat pembaca di Kompas yang juga berisi komplen soal GDC. Waduh duh duh. Pegimana iki...

Huhuhu. Kirain turnya membawa pencerahan. Eh malah tambah binun. Tapi oke juga lah. There's always the first time for everything. Ya gak seeeehhh...

No comments: