Saturday, November 24, 2007

Senam di BKIA

Tadi pagi adalah kali kedua gw senam hamil di Carolus. Pelajaran dari senam hamil sesi pertama sepekan sebelumnya adalah: rekamlah. Soalnya dari sekian banyak gerakan yang diajarin Ibu Atun dalam kelas, gw cuma inget sekelumit doang. Gak hamil aja gw pelupa, apalagi setelah hamil... makin-makin deh..

Tadi gw udah menjalankan misi gw untuk merekam apa saja pelajaran yang diajarin di kelas senam hamil itu. Gw bawa i-river gw dan merekam. Walaupun suaranya agak jauh gitu, tapi gapapa lah. Berarti besok-besok, pagi dan malem, gw tinggal nyalain i-river gw dan mendengarkan instruksi gerakan-gerakannya. Tadinya sih sempet mau gw catet. Tapi kan ya gak praktis juga ya. Mendingan langsung gw dengerin ajah.

Gw senam hamil ini di BKIA-nya Carolus. Katanya siy di Carolus itu adanya ya di situ. Bayarannya 120 ribu sampai bayinya brojol. Gw sih mulai senam dari usia kebuntingan 34 minggu, jadi yaaaa cukupan lah biaya 120 ribu itu. Kalo gw mulai senam dari 5 bulanan gitu, rugi kali ye Carolusnya, hihihi.

Senam di hari Sabtu itu ada dua kelas, kelas pertama jam 8.30, kelas kedua jam 10. Tadinya gw ambisius mau ambil kelas yang pagi. Tapi ya sudah lah. Mendingan kita nikmati Sabtu pagi dengan leyeh-leyeh, sebelum Hil ngantor jam 12-an siang.

Kelas senam hamilnya kecil. Tapi karena emang gak butuh peranti macem-macem, muat aja 6 bumil di situ. Cuma pake kasur tipis ditaro di lantai, jejer rapet-rapet, jadi deh. Katanya si instruktur, si Ibu Atun itu, ini emang tempat darurat, karena tempat senam hamil yang sebenernya lagi direnovasi. Andaikata gak di ruangan cimot ini, para suami bisa ikutan masuk. Yaaahh sayang banget. Padahal gw pengen Hil ikutan masuk ke ruang senam hamil. Biar dia tau gw diajarin apa aja, biar dia juga bisa ngingetin gw gitu. Soalnya merujuk ke pengalaman kakak gw dulu pas melahirkan, dia blas lupa semua teori-teori pernafasan yang diajarin di kelas. Nah, kalo gitu kan mendingan ada si suaminya dong, biar bisa ngingetin. Gitu gak siyyy..

Lucu juga ada bersama bumil-bumil yang lain. Biasanya kalo di kantor kan sesama bumil cuma M'Fia, itupun kami jarang ngobrolin soal itu. Secara dia udah expert gitu karena sekarang kehamilan kedua, jadi posisinya kan gw nanya-dia jawab. Kalo sama-sama dudung kan baru mantep tuh, kayak gw sama Mirana, hihihi. Di kelas senam hamil gw itu, sebagian besar adalah kehamilan pertama. Jadi gw berasa se-geng gitu lho, walaupun umur kehamilan mereka kayaknya udah lebih gede. Tapi denger cerita-cerita dari mereka aja udah cukup menambah pengetahuan.

Suster yang di BKIA pun baek-baek, si Ibu Atun ini khususnya. Dia cukup terupdate lah informasinya, dengan membantah mitos-mitos seputar ibu hamil gitu. Dia pro kelahiran normal, tapi juga bukannya menolak melahirkan lewat caesar. Orangnya tegas gitu keliatannya, galak lah sebagai suster, tapi asoy-asoy aja.

Makin lama gw semakin merasa nyaman lah dengan Carolus ini. Mudah-mudahan emang gak salah.

1 comment:

Anonymous said...

Mbak,
Ikut senam hamil di carolus supaya dapet hari Sabtu antriannya panjang gak ya?
tengkyu