Thursday, November 8, 2007

Gak Perlu Nungging Lagi, Hore!

Tadi gw ke dokter lagi. Kalo nurutin jadwal bulanan sih mestinya masih pekan depan. Tapi sengaja kontrol dipercepat karena mestinya saat ini gw udah 32-33 pekan. Artinya, gw mesti segera senam hamil demi kemudahan melahirkan kelak. Dan karena konon buat senam hamil itu perlu izin dari dokternya, ya sudah, kita percepat saja ketemu dokter.

Pas kita nyampe, ternyata dokternya lagi ada tugas lain. Ada pasien yang brojol, tentu saja dia bantu dong. Ya sudah, kebetulan, gw dan Hil jadinya sempet makan dulu, baru trus balik lagi ke ruang dokter. Untung aja proses kelahirannya normal, jadi dia gak lama. Kata dr Seno,"Kalo operasi sih saya batalin pasien-pasien saya yang kontrol hari ini." Oooo gitu toh. Fiuh, untung melahirkannya normal yak.

Begitu masuk ruang periksa, gw langsung disuruh tiduran di tempat tidur. Untuk ngecek apakah posisi bayinya masih sungsang atau enggak. Dia pegang-pegang perut gw, lalu trus berwajah bahagia. "Wah posisinya udah bagus nih!" Waaaaa.. yang boneng ting? Aduuuu senangnyaaaa...

Tapi gw penasaran dong. Emang taunya dari mana sih. Soalnya gw makin hari makin bisa ngerasain pergerakan si doi dari dalam sana, tanpa tau bagian tubuh mana yang lagi gerak-gerak. Gw cuma berharap kalo nungging-nungging itu berhasil memutar posisi dia, itu aja. Tapi pas ada yang nendang, atau nonjok, atau bergerak, nah itu gw gatau apaan.

Dr Seno trus ngasih tau. Dia megang perut gw bagian bawah, neken-neken agak keras gitu. "Kalo di sini agak keras, kayak batu, nah itu kepala tuh." He? Kepala batu dooongg... keekekeke.. Langsung dong gw minta Hil bergerak lebih dekat dan 'belajar' memegang perut gw. Soalnya kan dia pasti besok-besok juga penasaran, benda apa yang dia sentuh di perut gw, hihihi.. Horeeee, Hil juga bisa ngerasain si kepala batu itu. Cihuy!

Abis itu gw dipesenin sama dr Seno: jangan nungging lagi ya. Hihihi, okeh deeeii.. Berarti gw gak perlu lagi melakukan knee-chest position... horeee.. Walaupun sebenernya melakukan itu juga gak ada berat-beratnya sama sekali yah, hihihihi...

Makin lama ini dokter makin asik. Cocok lah sama kami ini, untunglah kami berhasil menemukan dia meski agak terlambat, hehe. Cocoknya tuh karena dia orangnya santai. Kali ini dia gak ngeresepin apa pun karena dia nanya dulu,"Obatnya masih ada atau enggak?" Karena gw mengangguk, ya udah dia gak ngasih lagi. Dia cuma bilang,"Ini kamu antara kebanyakan vitamin atau gak diminum-minum nih." Hehehe, yang kedua euy.. Maap yak.. lupa melulu...

Cara dia ngejelasin segala sesuatu juga asik. Sederhana, tapi tetep ngejelasin. Gak nganggep enteng lah. Misalnya tadi pas gw tanya soal berat bayi. Ini sesuatu yang gak pernah gw tanya, karena gw baru tau kalo hal itu bisa ditanyain pas gw ditelfon Mirana beberapa hari lalu. Sebelumnya mah gw gak pernah mikirin. No news is good news, hihihihi. Dia pake ngejelasin dulu tiga cara yang biasa digunakan untuk menentukan berat bayi. Bisa dengan ngukur panjang bayi, atau lewat USG atau lewat perkiraan klinis. Nah, yang dia lakukan terhadap gw adalah lewat perkiraan klinis. Si doi kira-kira 2100-2200 gram, normal. Amiinnnnn... Dalam hati gw lega dongs. Kalo dia normal, dalam artian gak kegedean untuk ukuran bayi segitu, berarti mungkin gw masih boleh minum yang manis-manis, hihihihi...

Begitu juga pas gw nanyain soal pemberian HBIG kelak, gimana prosedurnya, mengingat kendali ada di tangan dokter anak. Dr Seno meyakinkan kalo semua dokter anak di Carolus ini punya protap yang sama. Pilih dokter yang mana, pelayanan pasti sama deh, kurang lebih begitu. Secara gw Hep-B carrier, cap itu udah ketempel di buku catatan medis gw. Dan sudah menjadi protap juga untuk langsung ngasih vaksin Hep-B. Kalau mau, ditambah dengan HBIG. Soalnya kan karena harganya di atas Rp 1 juta, ada yang gak mau atau gak bisa ngasih HBIG ke anaknya. Tapi gw mah bela-belain aja deh... daripada daripada...

Penjelasan dia dulu soal 'boleh atau enggak naik motor dengan usia kandungan makin besar' sangat masuk akal. Dia menyamakan pertanyaan itu dengan 'kalo lagi hamil, boleh mudik atau enggak'. Itu tentu saja gak bisa dijawab dengan ya atau tidak. Karena itu tergantung dari resiko yang dikandung dari tiap pilihan. Kalo mudiknya itu gak terlalu melelahkan, bisa diatur waktu istirahatnya, ya gapapa pulang mudik. Kalo gak mudik, trus di rumah malah beberes terus yang melelahkan, tentu saja jadi sama aja boong. Naaahh begitu juga dengan naik motor. Mau naik mobil, motor, becak, jalan kaki, resiko kecelakaannya sih ya sama aja. Yang penting memilah apakah kita terlalu letih atau enggak dengan pilihan-pilihan itu. Gitu ajah.

Asik dah pokoknya ini dokter. Dan untungnya kali ini gw gak lupa minta nomor telfon dia, hihihihi...

Dan yang lebih penting lagi, si doi udah di jalan yang benar menuju alam bebas! Hore! Jangan pindah-pindah posisi lagi ya cayangkuuuu...

No comments: