Sunday, November 15, 2009

God Works in a Mysterious Way

Keajaiban ada pada Senja. Sungguh.

Ketika awal April lalu tiba-tiba Senja memulai sejarah bentol-bentolnya, kita semua kebingungan. Kenapa bentol? Alergi apa? Gak ada yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Bentol demi bentol muncul di Senja, dan kita gak tau obatnya selain caladine. Kita gak tau Senja kegatelan atau enggak, atau apa rasanya bentol-bentol itu di badan Senja. Yang jelas, susu, kedele, tahu, tempe, udang, telor bikin Senja alergi. Padahal semula hal-hal itu biasa-biasa aja buat Senja.

Lantas kita ke dokter alergi pertama. Si dokter yang di Bekasi ini terhitung loose, gak ketat dengan pantangan makanan. Dia cuma gak membolehkan seafood dan telur. Lalu demi mencari second opinion, kita ketemu ke dokter kedua. Gw taunya dari salah satu komen di FB. Karena lokasinya gak terlalu jauh, di Bendungan Hilir, dan setelah di-google kok yao dia emang spesialisasi alergi anak, ya udah, sikat aja. Dari dokter yang ini, pantangannya segambreng. Dari semangka sampai brokoli, hal-hal yang Senja suka, gak boleh semua.

Lantas kita mencoba menjalankan dengan ketat terapi yang dikasih si dokter kedua. Gw sampe bikin daftar makanan yang boleh dan enggak, lalu ditempel di kulkas gw dan di kulkas nyokap. Lalu gw bikin satu lagi, untuk selalu dibawa di ranselnya Senja, sehingga kalo ke Kayumanis, orang rumah sana juga tau apa do’s dan dont’s-nya.

Kemudian kami mencoba melanggar itu satu per satu. Gw sempet heran, karena setiap kali gw jajal sesuatu yang baru buat Senja, sangat mungkin menimbulkan bentol. Malah pernah sehari semalem Senja panas tinggi, tanpa jelas sebabnya apa. Sementara kalo si Ibu yang ngasih anu itu yang aneh-aneh – termasuk udang – gak muncul reaksi bentol di Senja. Pas gw tanya ke doi, si Ibu ketawa aja sambil bilang,’Aku sih bismillah aja Bun!’

Sejak itu, gw dan Hil semakin yakin kalo mau nyobain hal-hal baru buat Senja. Yakin aja. Yakin aja. Abis itu mulai deh Senja minum susu, makan yoghurt, makan ayam segala macam rupa, kecap, brokoli, udang, semangka, dan segala macem yang ada di daftar dont’s-nya Senja sebelumnya. Dan Senja gak papa. Teori dari Tatah, rotasi makanan. Bisa jadi. Tapi suatu ketika rotasi itu dilanggar dan Senja gapapa, kita pun terkesima.

Mungkin Senja udah sembuh. Mungkin Senja udah gak alergian lagi. Mungkin daya tahan tubuh sudah meningkat.

Apa pun itu, terima kasih Tuhan, ya!

1 comment:

Anonymous said...

Ah senangnya... Semoga sunghee cepet nyusul ya abang senjaa.. ☺