Friday, May 20, 2011

Persiapan: Kaldu Udang

Besok akan jadi hari paling mendebarkan dalam hidup gw. Bahkan lebih mendebarkan dibandingkan saat bakal launching buku 'Cheers, UK!' November tahun lalu.

Huhuhuhu gw masih gak percaya. Kok ya bisa besok gw disuruh masak di depan hadiriinnn..

Kepanikan paling nyata mulai terasa begitu Depe ngirim SMS hari Minggu pekan lalu ngabarin kalau undangan untuk ikut kelas frozen MPASI ini udah dirilis di milis *berima ya* Langsung aja gw online dan melongok. Astagaaa bener aja, itu undangan udah diposting. Dan di situ gw baru tau kalau ternyataaa.. orang pada bayar untuk ikut itu kelas! Masaaloohhhh...

Langsung aja gw ngajak Hil untuk belanja. Bagaimana pun, gw mesti latian lagiiiii! Gile aja. Sejak Senja udah bisa makan apa yang di meja makan, tanpa harus dimasakin khusus, saat itu juga gw berhenti bikin frozen food. No particular reason sih. Gw cuma pingin menghabiskan malam dengan istirahat, atau melakukan yang lain, atau memperlama main sama Senja.

Dan jadilah hari Minggu kemarin itu gw berlatih kembali masak kaldu. Kenapa kaldu? Karena kaldu itulah yang akan gw demokan di kelas memasak. Astagoooooo gw demo masak? Ketiban pintu apaan nih gw...

Gw pun berlatih dengan bikin kaldu udang. Kenapa? Karena seumur idup gw gak pernah bikin kaldu udang! Gw baca-baca resep dulu sebelum belanja, biar gak ada yang ketinggalan dibeli. Trus gw udah siap nih di dapur, ngupas-ngupas kulit udang bla bla bla. Semua bahan udah siap cemplung. Oke. Belum lagi kompor nyala, gw melesat ke depan laptop. Karena gw harus memastikan: kepala udang itu dipakai juga buat kaldu gak sih? Hihihihi.. ketara banget gak siiih gw buta mejene gini soal kaldu udaaanggg..

Oke, proses memasak berlangsung dengan aman sentosa. Tentu saja ada langkah yang gw skip dari resep. Di resep itu, bawang, daun bawang, seledri dan sebagainya itu ditaro di dalam sebuah kantong muslin, lalu dicemplungin. Jadi aromanya keluar, tapi potongannya gak mengganggu isi kaldu gitu. Bujubuneng. Gw kagak tau kantong muslin itu apaaaann... *panik*

Jadilah gw bikin kaldu gaya gw aja. Dicemplungin semua. Gw sambil memikirkan, ini kentang-wortel yang kerebus dalam proses pembuatan kaldu ini bakal gw apain yak. Proses memasak berlangsung lancar. Supaya bener-bener kayak hari H, itu kaldu ya gw taro di cetakan es, kasih cling wrap, trus bekuin, trus beku-bekuan kaldu itu gw taro wadah lagi dan wadahnya gw kasih label. Just like the good old days!

Dan bener aja. Setelah itu kaldu beres, gw mulai membuat nugget. Isinya kentang + wortel, hayuuuhh. Tambah oatmeal dikit. Trus keju banyak. Trus nyeknyek gitu pakai sendok garpu. Trus dipulung-pulung jadiin nugget. Ada tiga potong yang langsung digoreng, disajikan dengan cocolan mayonaise buat Senja. Dan Senja habis lancarrrrr dua potongan tanpa ba-bi-bu, hore!

Gw rasa gw emang sebenernya berbakat masak *plak*

No comments: