Saturday, April 17, 2010

KumKum Festival

Hari ini kita ke Kumkum Festival di Museum Bank Mandiri. Dan kita ngikutin anjuran cara menuju ke lokasi, dengan menggunakan kendaraan umum. Sayangnya kita gak bawa sampah kering dan barang bekas seperti yang diminta. Ada sih printer bekas, tapi ngebayangin ngegotong printer udah males banget, huhuhu maaf yaaa...

Dari rumah ke Museum Bank Mandiri, kita pakai 2 moda: nebeng dan bus TransJakarta. Kebetulan bokap-nyokap lagi mau pergi, jadilah kita nebeng sampai ke Pemuda. Turun di Terminal Bus Transjakarta Layur, lalu naik sampai Dukuh Atas. Dari situ pindah yang rute Blok M-Kota, sampe ujung deh. Senja cukup menikmati perjalanan, walaupun keliatan masih ngantuk-ngantuk bombay gitu.

Pas kita turun di halte Kota, baru deh kita mengetahu inovasi luar biasa di sana. Gile, ternyata kayak gini toh halte-stasiun yang terintegrasi... Untung aja gw iseng nge-google pas lagi di bus, jadinya tau kalo di Kota ada underpass yang harus kita lewatin untuk menuju ke Museum. Kalo enggak pasti kita terbengong-bengong atas keberadaan underpass di situ. Takjub!

Sampai di Museum Bank Mandiri, masih jam 10 kurang. Ngakunya sih tu festival buka jam 9, tapi seperti ditebak, belum banyak stand yang buka. Udah buka sih satu dua, tapi belum terlalu rame.

Karena Senja belum sarapan yang nggenah, jadinya kita menuju ke tempat permainan anak dulu, sambil nyuapin Senja. Di situ ketemu Donny Jawir, yang ke sana bareng bini dan 2 dari 3 anaknya. Trus jalan-jalan, sambil ngecek makanan apa aja yang disediain di sana. Abis itu baru deh kita liat festivalnya. Overall, asik, karena banyak ragamnya. Karena ini kan sesuai dengan temanya Kumkum yang adalah kumpul komunitas. Ada komunitas liat bintang, olah sampah, bike to work, 1001 buku, suara transjakarta, dan banyak lagi.

Yang jualan juga macem-macem. Ada cloth diapers, ada Putri yang jualan kaos, ada Sheila Djiwatampu yang jualan tas kain handmade yang bisa dibolak-balik, ada trashion yang lagi-lagi membuat gw pingin beli tas, ada berbagai komunitas penjaga alam dan hewan yang jualan kaos, ada kaleng Lani yang lucu-lucu, juga ada Lulu anak Antrop sekaligus orang film yang jualan pernak-pernik, dan banyak lainnya. Asik deh. Untung aja gw gak bawa duit banyak, kalo enggak kan bisa-bisa udah kalap. God saves my money, kekekekek.

Makan dulu aja deh. Dari sekian banyak stall makanan yang ada, yang paling menarik mata adalah stall dari 2 nenek Semarang. Salah satu mbak yang jagain sih kayaknya gw kenal tampang. Kayaknya anak HI angkatan tua atau mana deh jurusannya lupa. Gw beli 2 lumpia gendut-gendut dan huwenak, sementara Hil beli nasi pindang disusul es campur. Enak-enak!

Karena semangat festival ini adalah ramah lingkungan, jadilah tempat makanannya pakai piring beling (biar bisa dicuci) atau pakai daun pisang (biar bisa langsung dibuang). Gelas-gelas minumannya juga pada pakai gelas beling, gak ada yang pakai gelas plastik. Trus tempat sampah juga ada di mana-mana, lengkap dengan pemilahan sampahnya. Kerasa banget deh ini festival buat orang-orang yang aware dengan nilai-nilai yang mulia deh: jaga lingkungan, baca buku, mendorong transportasi publik, melakukan 3R dan lainnya. Things that we want to teach Senja about.

Eh trus abis itu Senja mulai rada cranky. Mungkin karena dia udah jelang jam bobo. Kita sempet gelosoran di salah satu sudut museum, deket orang-orang jualan, dengan harapan tempatnya cukup sepi, lalu Senja bisa bobo. Bodo amat deh orang ngeliatin, cuek ajeh. Eh tapi Senja malah gak tidur-tidur.

Yo wis. Satu putaran lagi liat-liat festival, abis itu kita pulang yok.

Kita pulang dengan moda yang berbeda lagi dong. Kal ini dengan KRL Ekonomi AC dari Kota.

Lumayan lama juga tuh nunggunya di Stasiun Kota. Senja sih seneng-seneng aja. Pas ada kereta dateng, lalu banyak orang memenuhi peron, dia langsung sibuk jadi ‘tukang parkir’. Dari atas bahu Hil, dia sibuk jejeritan,’Truss... truss.. ooop.. ooopp...’ Kekekekekeke. Begitu kereta kita akhirnya datang, Senja langsung menjerit,’Whooooo.... ‘ sambil menatap takjub kereta yang deket banget jaraknya dari dia.

Begitu di dalam kereta, masih nunggu lagi tuh. Lamaaaaa bener rasanya. Ternyata di sini pedagangnya cukup taat aturan juga. Gak ada tukang minuman yang bawa minumannya ke atas gerbong, tapi mereka cuma teriak-teriak aja nyebutin dagangan yang mereka bawa. Yang bawa dagangannya ke atas ya paling tukang jualan kursi lipat aja.

Dan belum lagi kereta berangkat, Senja udah moloooorrrrr... Haiyaaaaa... padahal kita pilih naik kereta kan maksudnya biar Senja liat pemandangan lain, kekekekekek...

No comments: